ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MATERI PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI WIDORO
Keywords:
Kesulitan Pemahaman, Sekolah Dasar, PerkalianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pembelajaran
matematika di SD Negeri Widoro, (2) Mengetahui penyebab kesulitan-
kesulitan belajar matematika materi perkalian kelas V SD Negeri Widoro,
(3) Mengetahui dampak yang ditimbulkan peserta didik terhadap
ketidakpahaman materi perkalian dan (4) Mengetahui upaya guru untuk
mengatasi kesulitan belajar matematika materi perkalian kelas V SD
Negeri Widoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Tempat Penelitian SD Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten
Kulon Progo Yogyakarta. Instrumen yang digunakan peneliti adalah
pedoman wawancara serta dokumentasi dengan subjek penelitian guru
mata pelajaran matematika Kelas V SD Negeri Widoro dan seluruh
peserta didik kelas V SD Negerti Widoro. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis dan
Interprestasi data menggunakan 3 tahapan yaitu redukasi data,
penyajian data dan serta penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, tes dan
dokumentasi. Proses pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri
Widoro diawali dengan (1) apersepsi oleh guru, (2) Penggunaan media
pembelajaran yang sesuai, (3) penugasan, (4) pengarahan dan
pembimbingan oleh guru. Dalam proses pembelajaran matematika
materi perkalian ada yang menyebabkan kesulitan belajar perkalian yaitu
kesulitan memahami konsep, kesulitan keterampilan berhitung dan
kesulitan memecahkan masalah. Dampak kesulitan pemahaman materi
perkalian merupakan ketidakmampuan peserta didik dalam
menyelesaikan atau menguasai materi perkalian dalam waktu yang telah
ditentukan. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan pemahaman materi
perkalian meliputi upaya dalam proses yang berupa penyampaian materi
dan memberikan bimbingan terhadap peserta didik. Selain itu juga upaya
guru dalam jenis soal perkalian dengan memberikan langkah-langkah
pengerjaan. Upaya guru terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan dalam kondisi kesehatan dengan mengubah posisi tempat
duduk peserta didik yang mengalami kesulitan penglihatan didepan
papan tulis
Downloads
References
Andri., Wibowo, D.C & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V
SD Negeri 25 Rajang Begantung. Journal of Mathematic Education (J-
PiMat). Volume 2 No. 2. Hal 231-239
Asikin, Y.A., Sibala, I & Rasyid, N (2021). Peran Guru Mata pelajaran Matematika
Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Journal Basic of Education.
Volume 6 Nomor 1. Hal 55-61
Ayu, S., Ardianti, S.D., Wanabuliandari. S (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan
Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume
No. 3. Hal 1611-1622
Dayanti. (2021). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui
Penggunaan Media Batang Perkalian Pada Murid Tunanetra Kelas V Di SLB
Yapti Makassar. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No. 1. Hal 1- 16
Faujiah, S & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada
Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal
Cakrawala Pendas. Volume 8 No. 3. Hal 832-833
Nurkamilah, M., Fahmi, N., Sunendar, E (2018). Mengembangkan Literasi
Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik
Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics).
Volume 2 Nomor 2. Hal 70-79
Rahmayanti, L., Zariul A & Adiputra, J.M (2020). Analysis Of Teacher’s Difficulty In
Applying Learning With the Saintific Approach. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 1. Hal 72-80
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Alfabeta
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal
Edukatif. Volume V No. 1. Hal 18-27
Unaenah, E., Sartika. D., Syurgaini, J., Ramadanti, S (2022), Analisis Pemahaman
Konsep Siswa Pada Operasi Hitung Pembagian Dan Perkalian Pada Bilangan
Bulat. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar. Volume 2 Nomor 4. Hal
-310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Admin OJS IPW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.