PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Catur Pangestina
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd

Keywords:

Keterampilan Menulis Narasi, Media Gambar, Bahasa Indonesia

Abstract

Dalam penulisan makalah ini, tujuan yang hendak dicapai yaitu “ (1) Membahas
arti media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada
pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD, (2) Membahas penerapan media
gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada pembelajaran
bahasa Indonesia kelas IV SD. (3) Membahas penggunaan media gambar seri
untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi bagi peserta didik kelas IV SD
Makalah ini juga bermaksud untuk memberikan pembelajaran yang efektif bagi
guru, agar peserta didik dapat menulis karangan narasi terbantu dengan
menggunakan bantuan Media gambar seri yang menarik minat peserta didik,
untuk merangkai imajinasi yang notabenenya sulit bila peserta didik harus
mengarang tulisan maka dengan media gambar seri peserta didik mudah
menerjemahkan gambar seri dijadikan tulisan berbentuk narasi yang runtut
sesuai urutan gambar. Media gambar seri merupakan penunjang keterampilan
menulis peserta didik, penerapan media gambar seri untuk peserta didik sangat
efektif dapat membantu peserta didik menulis narasi yang mendiskripsikan
gambar seri tersebut, Bantuan guru dan antusias peserta didik belajar
menggunakan gambar seri, media yang mempermudah guru untuk memberikan
gambaran narasi secara mudah guna dituangkan dalam bentuk tulisan,
penggunaan media gambar seri mampu meningkatkan hasil belajar menulis
narasi siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi, P. N. (2019).Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino

Kabupaten Morowali.

Jurnal Kreatif Tadolaku, 2(4), 240.

Anggarawati. N.M; Rasna. I. W; dan Martha. I. N. (2020). Penerapan model pembelajaran

pailkem untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi.

Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 1.

Arsad, muhammad, dkk. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Islam. Vol.4, No.2.

Arsyad. A. (2011).

Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamarah. S. B. dan Zain. A. (2013).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gilang. R. dan Dian. I.(2020). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi non-fiksi melalui

media gambar seri di sekolah dasar

. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar.

Vol.7, No.2.

Khair, U. (2018) Pembelajaran Bahsa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.

Jurnal

pendidikan dasar, Vol 2, No1.

Mailida. Y; Rora. R, dan Mutia. F. (2023) Karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Jurnal of social science research, Vol.3, No.2

Nurlita. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors.

Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang

Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol.6, No.3.

Nur. M. A. (2016), Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan

media audiovisual dan metode quantum learning

. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol.6,

No.2.

Pasarebu. L. O. (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Medan:

USMU Press

Rahmi. M. A. dkk. (2022).

Media Pembelajaran. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif

Teknologi.

Saleh. M; Salam dan Fitri. S. (2022). Penaruh bahan ajar keterampilan berbicara terhadap

kesantunan berbahasa mahasiswa Universitas Negeri Makasar berdasarkan

perspektif latar budaya mahasiswa.

Jurnal seminar nasional hasil penelitian.1048

Sugiharti. E dan Aryanta. A. R. (2022) “ Penggunaan media gambar seri sebagai solusi untuk

meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD pada pembelajaran

Bahasa Indonesia”.

Jurnal Pedagogik. Vol.10. No.1.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Catur Pangestina, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR: PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/106