PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Keterampilan Menulis Narasi, Media Gambar, Bahasa IndonesiaAbstract
Dalam penulisan makalah ini, tujuan yang hendak dicapai yaitu “ (1) Membahas
arti media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada
pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD, (2) Membahas penerapan media
gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada pembelajaran
bahasa Indonesia kelas IV SD. (3) Membahas penggunaan media gambar seri
untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi bagi peserta didik kelas IV SD
Makalah ini juga bermaksud untuk memberikan pembelajaran yang efektif bagi
guru, agar peserta didik dapat menulis karangan narasi terbantu dengan
menggunakan bantuan Media gambar seri yang menarik minat peserta didik,
untuk merangkai imajinasi yang notabenenya sulit bila peserta didik harus
mengarang tulisan maka dengan media gambar seri peserta didik mudah
menerjemahkan gambar seri dijadikan tulisan berbentuk narasi yang runtut
sesuai urutan gambar. Media gambar seri merupakan penunjang keterampilan
menulis peserta didik, penerapan media gambar seri untuk peserta didik sangat
efektif dapat membantu peserta didik menulis narasi yang mendiskripsikan
gambar seri tersebut, Bantuan guru dan antusias peserta didik belajar
menggunakan gambar seri, media yang mempermudah guru untuk memberikan
gambaran narasi secara mudah guna dituangkan dalam bentuk tulisan,
penggunaan media gambar seri mampu meningkatkan hasil belajar menulis
narasi siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Downloads
References
Andi, P. N. (2019).Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino
Kabupaten Morowali.
Jurnal Kreatif Tadolaku, 2(4), 240.
Anggarawati. N.M; Rasna. I. W; dan Martha. I. N. (2020). Penerapan model pembelajaran
pailkem untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi.
Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 1.
Arsad, muhammad, dkk. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Islam. Vol.4, No.2.
Arsyad. A. (2011).
Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamarah. S. B. dan Zain. A. (2013).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gilang. R. dan Dian. I.(2020). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi non-fiksi melalui
media gambar seri di sekolah dasar
. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar.
Vol.7, No.2.
Khair, U. (2018) Pembelajaran Bahsa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.
Jurnal
pendidikan dasar, Vol 2, No1.
Mailida. Y; Rora. R, dan Mutia. F. (2023) Karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Jurnal of social science research, Vol.3, No.2
Nurlita. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors.
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang
Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol.6, No.3.
Nur. M. A. (2016), Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan
media audiovisual dan metode quantum learning
. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol.6,
No.2.
Pasarebu. L. O. (2021)
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Medan:
USMU Press
Rahmi. M. A. dkk. (2022).
Media Pembelajaran. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif
Teknologi.
Saleh. M; Salam dan Fitri. S. (2022). Penaruh bahan ajar keterampilan berbicara terhadap
kesantunan berbahasa mahasiswa Universitas Negeri Makasar berdasarkan
perspektif latar budaya mahasiswa.
Jurnal seminar nasional hasil penelitian.1048
Sugiharti. E dan Aryanta. A. R. (2022) “ Penggunaan media gambar seri sebagai solusi untuk
meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD pada pembelajaran
Bahasa Indonesia”.
Jurnal Pedagogik. Vol.10. No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Admin OJS IPW; Catur Pangestina, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., Siwi Utaminingtyas, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.