Upaya meningkatkan kemampuan mengarang bagi siswa melalui media gambar seri di kelas IV sekolah dasar
Keywords:
Kemampuan Mengarang, Media Gambar SeriAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang bagi siswa melalui media gambar seri di Sekolah Dasar, cara penulisan karangan yang baik sesuai pembelajaran Bahasa Indonesia, dan cara mengatasi semua kesulitan dalam menulis karangan bagi siswa. Jenis penulisan ini adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan penulisan dengan metode studi literatur dengan langkah-langkah heuristik, klasifikasi sumber, kritik, interpretasi, dan historigrafi. Penulisan ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian kepustakaan artinya peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan sumber-sumber berupa buku yang berisi tentang mengarang dan pendukungnya dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang permasalahan dalam membuat karangan di sekolah dasar terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam mengarang banyak sekali kesulitan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswanya itu sendiri. Dalam penulisan ini menyuguhkan tentang bagaimana cara untuk mengatasi semua kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Mengenalkan tehnik mengarang yang efektif sebagai bahan dasar mengarang. Selain itu terdapat media yang berfungsi untuk membantu agar penulisan karangan berjalan semakin mudah dan urut. Maka media yang digunakan sebagai pendukung yaitu berupa media gambar seri. Penggunaan media gambar seri ini diharapkan agar penulisan karangan dapat berjalan dengan lancar. Setelah dilakukan berbagai langkah, maka sebaiknya anak dan guru saling bekerjasama. Guru memberi penjelasan tentang media gambar seri dan siswa belajar untuk menulis dengan bantuan media gambar seri. Menurut studi pustaka cara tersebut dapat meningkatkatkan menulis karangan menjadi lebih efektif.
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Akhadiah. 2001. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Aris Budi Nugroho. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengarang dengan Pendekatan
Kontekstual bagi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas
Sanata Darma
Arswendo Atmowiloto. 2004. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dendy Sugono. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kaidah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka
Djuanda. 2007. Kesulitan Siswa dalam Mengaranng. Bandung: Balai Pustaka
Gorys Keraf. 2004. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Hartati. 2007. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Solo: Budi Mulia.
Hastuti. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayat. 2004. Kemampuan Belajar. Solo. Swarna Bumi.
Jungai Sumarlin. 2019. Peningkatan Ketrampilan Mengarang Melalui Media Gambar Seri.
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol 8
Nur Budi Utama. 2014. Cara Praktis Menulis Buku. Yogyakarta: IKAPI
Piaget. 2007. Perkembangan Bahasa Anak (buku John W. Santrock). Jakarta: Media Graha
Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Sardiman. A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radja Grafindo
Persada.
Siswanto. 2014. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soeparno. 2008. Media Penggajaran Bahasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R n D.
Edisi IV. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Prinsip Pemilihan Media. Jakarta: Cipta Karya.
Tarigan Henry Guntur. 2009. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
The Liang Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi
Wahyudi Siswanto. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Malang: Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agustina Dian Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.