MANFAAT MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
MANFAAT MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Video, Minat, Pembelajaran IPASAbstract
MANFAAT MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT
BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN IPAS
DI SEKOLAH DASAR
Siwi Utaminingtyas, M.Pd.
Zeni Musfianingsih
PGSD IKIP PGRI Wates
ABSTRAK
Media Video dapat memberikan pengalaman dan kesan lebih daripada
baca teks pada buku, hal ini dikarenakan pesan-pesan yang bentuk
audio visual disertai gerakan-gerakan pada tampilan video memberi
kesan mendalam teruntuk para penyimaknya termasuk peserta didik,
peserta didik cenderung lebih suka melihat video karena lebih menarik.
Dengan pemanfaatan media video pembelajaran di Sekolah Dasar,
peserta didik dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk
merasakan suatu keadaan atau lebih terasa seolah meraka berada dan
turut dalam suasana yang digambarkan pada tayangan video. Materi
pada pembelajaran IPAS lebih mudah dipelajari dengan bantuan media
video karena sesuai dengan karakteristik anak Sekolah Dasar yang lebih
mudah mengingat apa yang dilihat dan didengar sehingga materi yang
disampaikan melalui video akan lebih mudah tersalurkan. Media video
cenderung lebih diminati anak-anak karena tampilannya yang menarik
dan memberikan gambaran nyata melalui sebuah tayangan, sehingga
secara tidak langsung peserta didik dapat dengan mudah mengetahui
gambarannya. Pemilihan video sebagai media dalam pembelajaran IPAS
di Sekolah Dasar dapat dijadikan pilihat alternatif yang tepat, karena
penggunaan media video diharapkan akan mempermudah peserta didik
untuk memahami materi yang disajikan, lebih menarik minat peserta
didik untuk belajar.
Downloads
References
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran
untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), hal. 5-7.
Chourunisa, A. P. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Minat belajar
Siswa Laki-Laki kelas VII Pada Mata Pelajaran olahragadi Mts Al- Hikmah.
Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.
Efendi dan Nurngaini. (2023). Implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran
IPAS di SD Negeri Sumberdodol 1 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.
Jurnal Ilmiah Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), hal. 337.
Fadlilah, U.N., Khamdun, & Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS
Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V. Joernal On
Education 6(3), Hal. 16314-16321.
Handayani, dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on
Education,5(1), Hal. 912-932.
Hartono, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Minat
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Negeri 1 Binamu.
Skripsi. Sulawesi Selatan: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Ridwan, R. S., Al Aq-sha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media
Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran.
Journal Inovasi Kurikulum, 18(1), Hal. 51.
Siagian, M. W. S. (2024). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar
Materi Keragaman Suku Bangsadi Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada
Siswa Kelas IV SD Negeri 060922 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Prosiding Nasional.
Suhelayanti. (2023). Pembelajaran IPAS. Aceh. Yayasan Kita Menulis
Sunardin. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat
Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Citra Bakti.
(4).
Wulandari dan Lexianingrum. (2024). Konten Tentang Prabowo pada Akun Tiktok
Partai Gerindra Dalam Memebentuk Opini Gen-Z Dalam Memilih 02.
Indonesian Journal of Multidisciplinary 2(5). 338-348.
Yulianto, A. (2017). Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Teknologi Informasi. No 1. 235:236
Zulaiha, dkk. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka
Belajar. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran dasar, 9(2),165-166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Admin OJS IPW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.