MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alfiah Fajriani
  • Dr. Drs. YB Jurahman, M.Pd.
  • Atika Dwi Evitasari, M.Pd.

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPA SD, Pop Up Book

Abstract

Makalah ini membahas tentang media pembelajara pop up book dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Tujuan
dibuatnya tugas akhir ini adalah untuk (1) mengetahui urgensi media
pembelajaran pop up book, (2) mengetahui manfaat menggunakan media
pembelajaran pop up book pada pembelajaran IPA. Hasil telaah literatur yang
telah dilakukan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam pembelajaran IPA
karena harus memahami materi yang disampaikan dengan baik sehingga
berdampak pada hasil belajar yang diperolehnya. Permasalahan yang terjadi
banyak peserta didik yang menganggap IPA sebagai pembelajaran yang sulit
dikarenakan materi masih bersifat abstrak dan penyampaian materi pembelajaran
masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Oleh karena itu,
seorang guru harus melakukan perubahan terhadap media pembelajaran yang
digunakan. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk menarik minat dan
perhatian peserta didik, memperjelas penyampaian materi pembelajaran agar
tidak bersifat verbalisme, serta mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
Sebagai solusi diterapkan media pembelajaran yang diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan mengggunakan media
pembelajaran pop up book. Berdasarkan telaah literatur dapat diperoleh
kesimpulan bahwa media pembelajaran pop up book mempermudah
penyampaian materi kepada peserta didik karena memiliki tampilan yang menarik
sehingga dapat menarik minat dan perhatian pesserta didik dalam belajar dan
berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
IPA di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik

dalam Pembelajaran IPA.

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 4.

Ismail, M. I. (2020).

Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Makasar:

Cendekia Publisher.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi

Belajar Siswa.

Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 152-154.

Kusumawati, N. (2022).

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. AE Media

Grafika.

Mashuri, S. (2019).

Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Musfirah, Maryam, S., & Yunasri, D. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book

Terhadap Hasil Belajar Siswa Terkait Materi Perpindahan Kalor.

Journal Of

Education,

(1), 47.

Mutaqin, E. J., Nurjamaludin, M., & Alfiyanti, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-

Up Book Terhadap Minat Belajar IPA (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SDN

Cibunar).

Cakra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 75.

Ningsih, S. D., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan POP UP Book

Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar.

Jurnal Jendela Pendidikan,

(1), 151.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Alfiah Fajriani, Dr. Drs. YB Jurahman, M.Pd., & Atika Dwi Evitasari, M.Pd. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR: MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/104