PENERAPAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

PENERAPAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Afrinia Fahidatun Arifa
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd

Keywords:

Joyful Learning, Matematika

Abstract

Makalah ini membahas tentang penerapan joyful learning terhadap hasil belajar
matematika pada peserta didik di sekolah dasar. Tujuan dibuatnya tugas akhir ini
adalah untuk: 1) mengetahui hakikat dari metode joyful learning; 2) Mengetahui
hakikat hasil belajar matematika di sekolah dasar; 3) Mengetahui dampak
penerapan metode joyful learning terhadap peningkatkan hasil belajar
matematika peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Berdasarkan telaah literatur
yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil menggunakan metode joyful learning
mampu mengingkatkan hasil belajar matematika. Pentingnya pemilihan metode
belajar yang sesuai dengan kesulitan belajar peserta didik, karena hal ini akan
dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep belajarnya sendiri untuk
mencapai hasil belajar yang maksimal. Kesulitan dalam memahami konsep
matematika serta kurangnya partisipasi siswa disebabkan oleh pemilihan metode
yang tidak variatif merupakah salah satu penyebab hasil belajar yang tidak
maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, S. (2014). Pendekatan joyful learning pada proses pembelajaran di sekolah dasar

(kajian teoritis dan neurosains).

ResearchGate, Januari.

Dakhi, S., & Agustin. (2020). Hasil belajar sebagai pola perolehan pendidikan melalui

aktivitas masyarakat. [Halaman 468].

Depdiknas. (2024). Tujuan pembelajaran matematika SD. Dalam Eliza & Ain. [Halaman 17].

Erawati, D. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan

model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika kelas

SD Negeri 6 Pajar Bulan. In

Social, Humanities, and Educational Studies (SHES):

Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1086–1093).

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2016).

Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika.

Hamzah, & Mushlisrarini. (2022). Proses membangun pemahaman matematika. Dalam

Riyanto. [Halaman 102].

Harbi, A. (2021). Faktor-faktor eksternal dalam pembelajaran. [Halaman 15].

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi guru untuk mencapai tujuan

pembelajaran pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Jurnal Basicedu,

(3).

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika.

Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231–234.

Khairunnisa, N., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi

belajar siswa di sekolah dasar.

Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3),

–1369.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Afrinia Fahidatun Arifa, & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). PENERAPAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR: PENERAPAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/131

Most read articles by the same author(s)