ANALISIS KESULITAN DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KEPEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ANALISIS KESULITAN DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KEPEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Dewi Sulistyaningsih
  • Yulia Palupi, M.Pd.
  • Dr. Sumpana, M.Pd.

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dan kesulitan
yang dialami dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan
bersusun di kelas II SD Negeri Kepek. Pembelajaran operasi penjumlahan dan
pengurangan ini mencakup kemampuan peserta didik dalam memahami operasi
penjumlahan dan pengurangan serta kesulitan yang dialami. Metode penelitian ini
menggunakan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi,
wawancara, tes kemampuan peserta didik dalam pembelajaran operasi
penjumlahan dan pengurangan, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini
merupakan peserta didik kelas II SD Negeri Kepek Tahun Pelajaran 2024/2025.
Objek penelitiannya pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan
bersusun. Populasi pada penelitian ini menggunakan peserta didik kelas II SD
Negeri Kepek yang berjumlah 26 orang. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis
dengan menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik
dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bersusun puluhan
masih belum maksimal dan masih memerlukan latihan-latihan. Peserta didik
mengalami beberapa kesulitan dalam memahami dan mengerjakan operasi
penjumlahan dan pengurangan bersusun. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes
menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan bersusun. Pada tes yang
telah dilakukan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun hasil
bilangan dengan tepat, melakukan proses pengurangan, serta memahami proses
peminjaman. Kesulitan ini terjadi karena peserta didik masih bingung dan kurang
paham saat mengerjakan soal, kurang teliti dalam menjawab soal, dan kesalahan
dalam menyimpan angka bilangan bersusun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amallia, N., dan Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas

III Sekolah Dasar.

Journal Of Elementary Education. Vol 3 (2) hal 124 – 125.

Aras, L. (2020).

Bilangan dan Pembelajarannya: Pegangan Bagi Guru dan Calon Guru SD.

Pustaka Ramadhan.Hal 9.

Gusteti, M.U., dan Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran

Matematika Di Kurikulum Merdeka.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika

dan Statistika. Hal 637

Juardi, I.F., dan Komariah. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Berlandaskan Teori Kognitif Jean Piaget.

Journal On Education. Hal 2182 – 2183.

Nadila., Singodiwongso, S., dan Vioreza, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung

Penjumlahan Menggunakan Alat Peraga Montessori.

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. Hal 687.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Dewi Sulistyaningsih, Yulia Palupi, M.Pd., & Dr. Sumpana, M.Pd. (2024). ANALISIS KESULITAN DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KEPEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025: ANALISIS KESULITAN DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KEPEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/124