ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MATERI PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI WIDORO

Authors

  • Lukman Fajar Nur Ikhsan
  • Dr. Subaryana, M.Pd.
  • Dra. Yuliatun, M.Pd.

Keywords:

Kesulitan Pemahaman, Sekolah Dasar, Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pembelajaran matematika di
SD Negeri Widoro, (2) Mengetahui penyebab kesulitan-kesulitan belajar
matematika materi perkalian kelas V SD Negeri Widoro, (3) Mengetahui dampak
yang ditimbulkan peserta didik terhadap ketidakpahaman materi perkalian dan (4)
Mengetahui upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi
perkalian kelas V SD Negeri Widoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Tempat Penelitian SD Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten
Kulon Progo Yogyakarta. Instrumen yang digunakan peneliti adalah pedoman
wawancara serta dokumentasi dengan subjek penelitian guru mata pelajaran
matematika Kelas V SD Negeri Widoro dan seluruh peserta didik kelas V SD
Negerti Widoro. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara serta
dokumentasi. Teknik analisis dan Interprestasi data menggunakan 3 tahapan
yaitu redukasi data, penyajian data dan serta penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, tes
dan dokumentasi. Proses pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri Widoro
diawali dengan (1) apersepsi oleh guru, (2) Penggunaan media pembelajaran
yang sesuai, (3) penugasan, (4) pengarahan dan pembimbingan oleh guru.
Dalam proses pembelajaran matematika materi perkalian ada yang
menyebabkan kesulitan belajar perkalian yaitu kesulitan memahami konsep,
kesulitan keterampilan berhitung dan kesulitan memecahkan masalah. Dampak
kesulitan pemahaman materi perkalian merupakan ketidakmampuan peserta
didik dalam menyelesaikan atau menguasai materi perkalian dalam waktu yang
telah ditentukan. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan pemahaman materi
perkalian meliputi upaya dalam proses yang berupa penyampaian materi dan
memberikan bimbingan terhadap peserta didik. Selain itu juga upaya guru dalam
jenis soal perkalian dengan memberikan langkah-langkah pengerjaan. Upaya
guru terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan dalam kondisi kesehatan
dengan mengubah posisi tempat duduk peserta didik yang mengalami kesulitan
penglihatan didepan papan tulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

hmad, F (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.

Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1. Hal 113-122

Andri., Wibowo, D.C & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD

Negeri 25 Rajang Begantung.

Journal of Mathematic Education (J-PiMat). Volume 2

No. 2. Hal 231-239

Apriliyani, R (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Motif Kain Jarik Khas

Jawa Pada Materi Bangun Datar.

Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 15 Nomor

Hal 1-10

Asikin, Y.A., Sibala, I & Rasyid, N (2021). Peran Guru Mata pelajaran Matematika Dalam

Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.

Journal Basic of Education. Volume 6 Nomor 1.

Hal 55-61

Ayu, S., Ardianti, S.D., Wanabuliandari. S (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

Matematika.

Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 10 No. 3. Hal

-1622

Dayanti. (2021). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Penggunaan

Media Batang Perkalian Pada Murid Tunanetra Kelas V Di SLB Yapti Makassar.

Jurnal

Pendidikan. Volume 1 No. 1. Hal 1- 16

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Lukman Fajar Nur Ikhsan, Dr. Subaryana, M.Pd., & Dra. Yuliatun, M.Pd. (2024). ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MATERI PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI WIDORO. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/101