Pentingnya motivasi guru untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar

Authors

  • Alifia Nisa Pratiwi Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Minat baca, Literasi, Motivasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi betapa pentingnya menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Kegiatan membaca ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik, faktor-faktor yang pendukung dalam meningkatkan minat baca seperti guru, siswa, serta lingkungannya itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Informasi diperoleh dengan melakukan wawancara terbuka kepada salah satu guru SD di daerah Nanggulan. Narasumber yang bersangkutan mengajar kelas II dan dianggap paling mengetahui mengenai masalah yang akan saya teliti. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penyebab rendahnya minat baca siswa di sekolah dasar yaitu karena siswa selalu menganggap membaca itu merupakan hal yang membosankan, siswa selalu malas membaca dan banyak siswa yang belum paham pentingnya membaca buku. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar yaitu : membuat pojok baca di setiap kelas, menyediakan buku-buku yang menarik untuk siswa sekolah dasar, memberi pemahaman kepada siswa pentingnya membaca, melalukan kegiatan literasi 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, T. U., & Kurniaman, O. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Baca Siswa SD Negeri 125 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 29–40.

Benediktus. (2017). Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas III A SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmono. 2001. Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hardjoprakosa, Mastini. 2005. Bunga Rampai Kepustakawanan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Hastuti, Sri. 1985. Membaca dan faktor-faktor Keterlibatannya. Yogyakarta: FPBS- FKIP.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran ( THE INFORMATION LITERACY ) TIPE THE BIG6. Pena, 4, 623–635.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(2).

Puji Santosa, dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.

Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSDUndiksha, 122–127. Retrieved from http://www.mendeley.com/research/analisis-gerakan-literasi- sekolah-terhadap-minat-baca-siswa-siswa-sekolah-dasar

Sananta, L. (2019). Usaha Guru dalam Mengatasi Rendahnya Minat Baca Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul Falah Kayen Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Institut Agama Is-lam Negeri Tulungagung.

Siregar, A. R. (2008). Upaya meningkatkan minat baca di sekolah.

Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. 1-49. https://respository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Pratiwi, A. N. (2022). Pentingnya motivasi guru untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 38–45. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/10