ANALISIS KESULITAN MEMBELAJARKAN MUATAN IPS DALAM IPAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF GURU SD DI DIY
Keywords:
Kesulitan Membelajarkan IPS, IPAS, Guru SDAbstract
Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar dalam Kurikulum Merdeka
diintegrasikan menjadi IPAS sesuai dengan kemampuan berpikir siswa
SD yang bersifat holistik, utuh, dan konkret. Integrasi tersebut
dimaksudkan agar dapat memicu siswa mengelola lingkungan alam dan
juga sosial secara terpadu. Lingkup kajian muatan IPS dalam IPAS
terbatas pada konsep-konsep geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang
dihadapi guru kelas IV SD di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman,
Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo dalam membelajarkan
IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis
deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan
data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan tiga kategori kesulitan membelajarkan muatan
IPS dalam IPAS yang dijumpai guru kelas IV yaitu: 1) terlalu banyak
materi yang harus dibaca dan/atau dihafal, padahal minat baca siswa
cenderung rendah; 2) kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru,
ditandai dengan penggunaan metode ceramah tanpa diimbangi teknik
yang lain; dan 3) belum tersedianya sarana prasarana penunjang
peningkatan pemahaman siswa terhadap muatan materi IPS dalam
IPAS, baik berupa media pembelajaran, alat pembelajaran perangkat
elektronik, maupun jaringan internet di sekolah
Downloads
References
Astuti, N. P. (2021). Korelasi Antara Minat Membaca Siswa SD Dengan Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 105–113.
Batubara, N. F., & Davala, M. (2023). Curriculum Development in Indonesia:
Historical Study. International Journal of Students Education, 2 (1), 29–43.
D a r n i u s , S . ( 2 0 1 6 ) . I D E N T I F I K A S I K E S U L I T A N G U R U D A L A M
MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013DENGAN PENDEKATAN
SAINTIFIK DI KELASTINGGIGUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA
BARUBANDA ACEH. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 40–48.
Elfrida, M. S., & Rita, H. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada
Kurikulum Merdeka Belajar. CV. Media Sains Indonesia.
Fanani, A. (2022). Bahan Ajar Digital Berbasis Multiaplikasi Mata Pelajaran IPAS SD.
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12).
Hasanudin, & Chairunnisa. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka
Belajar). Sada Kurnia Pustaka.
IW, S., IK, S., & Suryani, M. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah di
Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Basicedu.
Kemdikbud. (n.d.). Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Koh, E., LD, P., LS, T., SS, L., & ME, R. (2014). Singapore Case Study of Curriculum
Innovation in the Twenty First Century: Demands, Tensions, and
Deliberations. Asia-Pacific Education Researcher, 23 (4), 851–860.
M, C., P., T. A. G., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum
Merdeka dalam Satuan Pendidikan serta Implementasi Kurikulum Merdeka
pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1 (2),
–67.
Marlina, N. A., & Martalia, A. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi
Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. XII(1), 1–10.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar
terhadap Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. METODIK
DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18 (2), 54–65.
No TitleAnggraena Y, Felicia N, Pratiwi GDE, Utama I, Alhapip B, W. D. (2021).
Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum
dan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Admin OJS IPW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.