PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Zulaika, Yulia Palupi, M.Pd.

Keywords:

Pengembangan, Video, Artificial Intelligence, Minat Belajar

Abstract

Penelitian pengembangan didasari oleh permasalahan yang ditemukan di SD N 2
Sokomoyo. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah
belum adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam
pembelajaran IPA, sehingga minat belajar peserta didik masih rendah. Penelitian
ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran video berbasis artificial
interlligence (AI) pada materi IPA kelas V di SD Negeri 2 Sokomoyo, serta untuk
mengetahui kelayakan dan keefektifan media video berbasis AI pada mata
pelajaran IPA yang dikembangkan untuk meningkatkan minat belajar peserta
didik kelas V SD Negeri 2 Sokomoyo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D)
yaitu dengan 5 langkah pengembangan (analisis, desain, pengembangan,
implementasi & evaluasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket uji
kelayakan ahli materi, ahli media, respon guru dan peserta didik. Subyek
penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Sokomoyo. Berdasarkan
hasil penelitian, produk video berbasis AI pada mata pelajaran IPA layak dan
efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik menurut hasil
berikut: Validasi dari segi media memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria
“Baik”. Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,15 dengan kriteria “Baik”.
Hasil uji coba kelompok kecil respon peserta didik memperoleh persentase
85,4% dengan ktiteria “Sangat layak”, dan persentase respon guru memperoleh
84% dengan kriteria “Sangat layak”. Hasil uji coba lapangan memperolah
persentase respon peserta didik 86,7% dengan ktiteria “Sangat layak”, dan
respon guru memperoleh persentase 87% dengan kriteria “Sangat layak”. Hasil
uji validitas dan instrumen minat belajar diperoleh nilai >0,361 dengan kriteria
“Valid” dan uji reliabilitas mendapatkan nilai 0,770 dengan kriteria “kuat”.
Sedangkan hasil uji keefektifan respon minat belajar peserta didik pada
kelompok kontrol mendapat persentase 78,2% dan kelompok eksperimen
memperoleh 86,7%. Dengan demikian, media pembelajaran video berbasis AI
dikatakan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta
didik kelas V SD Negeri 2 Sokomoyo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Potoon

pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD LABSCHOOL UNNES.

Skripsi: FIP UNS.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Gina. (2014). Pengaruh Minat dan Kesiapan Mental Terhadap Hasil Belajar Akuntansi

Siswa Kelas XI di SMK PGRI. Pekanbaru: Skripsi.

Harianto, N. 2012. Efektifitas penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap

minat dan kemampuan komunikasi siswa kelas V mata pelajaran IPA sekolah dasar

negeri mangunsari 03 salatiga semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi,

FKIP S1 PGSD UKSW Salatiga.

Hidayat, F. dan Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analiysis, Desigh, Development,

Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. Vol 1, No 1.

Isti, A. L. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Tema 5 Fokus Bahasan Sifat-Sifat

Cahaya dan Keterkaitannya dengan Indera Penglihatan untuk Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar. Skripsi: FKIP Universitas Jember.

Kristanto, A. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.

Proceeding KMP Education Research Conference: UNY.

Pribadi, B. A. (2017). Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Sudirman. (2020). Information Technology: Konsep Dan Implementasinya. Bandung: CV.

Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi & Asih. (2020). Implementasi Artificial Intelegence (AI) Di Bidang

Administrasi Publik Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial, Vol 2 No 2.

Widya, N., dkk. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS pada

Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol 18 No 2.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Siti Zulaika, Yulia Palupi, M.Pd. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/75