Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 melalui media kartu bergambar di SDN 1 Gantung Pengayuh

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Kartu bergambar, Media pembelajaran, Membaca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripikan penggunaan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 di SDN 1 Gantung Pengayuh. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, tes dan wawancara selama 1 minggu. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 1 Gantung Pengayuh. Informan yang terlibat sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 19 siswa SD sebagai informan kunci dan 1 orang sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1. Peningkatan kemampuan membaca siswa terlihat dari keberanian siswa membaca secara individu di depan kelas serta sudah mampu memahami isi bacaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar berdampak baik dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, W. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu gambar pada siswa kelas 1 SD Negeri Cikeusal Kidul 01 tahun pelajaran 2020 / 2021. 1(3), 68–74.

Bergambar, K. (2018). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A April 2018 http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD. 2(1), 70–77.

Badawi, R. S. A. (1983). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas1 SD. 62–68.

Education, E., & Indonesia, B. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1365–1376.

Hasil, D. A. N., & Siswa, B. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motifasi. 1.

Islam, U., & Antasari, N. (2018). TINJAUAN FILOSOFIS. 7(1), 41–49.

Kemampuan, P., & Siswa, M. (2018). Implementasi Media Permainan Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa SD Moh. Toharudin, Nurul Hida 6. 26(1), 47–53.

Kibasp, J., & Bahasa, K. (2018). No Title. 2, 48–58

Pendidikan, P., Mulyadi, N., Pend, B. B. M. L., & Pend, M. A. N. D. A. N. (n.d.). “pengertian pendidikan.”

Pertiwi, I. N., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. 261–270.

Tulungsari, S. D. N. (2020). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Permulaan Pada Siswa Kelas II Selvi Safitri

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Khasanah, U. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 melalui media kartu bergambar di SDN 1 Gantung Pengayuh. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 46–50. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/12