MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Radeva Hendika Yuananda
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd.

Keywords:

Media Cerita Bergambar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Radeva Hendika Yuananda

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengkaji manfaat penggunaan media cerita
bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh masih dominannya metode pembelajaran konvensional
serta minimnya variasi media pembelajaran, yang berdampak pada rendahnya
minat dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka Belajar mendorong guru untuk
lebih kreatif dan fleksibel dalam merancang pembelajaran yang menarik serta
kontekstual. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, penting untuk melibatkan
siswa secara aktif serta mengembangkan berbagai keterampilan berbahasa.
Salah satu media yang efektif untuk mencapai tujuan ini adalah cerita bergambar.
Media ini mampu meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan hasil
belajar siswa. Cerita bergambar memiliki keunggulan dalam menyajikan materi
secara visual dan menarik, sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.
Karakteristik siswa sekolah dasar yang cenderung lebih responsif terhadap
rangsangan visual menjadikan media ini sangat relevan. Gambar-gambar yang
menarik dapat membantu siswa lebih mudah mengingat materi pembelajaran.
Selain itu, penggunaan cerita bergambar juga dapat merangsang kreativitas
siswa dalam berimajinasi dan menyampaikan pendapat. Dengan demikian, media
ini berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Dasar dan membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Makalah ini
diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran Bahasa
Indonesia, terutama dalam pemilihan media yang tepat. Selain itu, makalah ini
juga bertujuan memberikan rekomendasi kepada guru dalam upaya
meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasaaprnah, M. (2016).

Pemanfaatan Buku Cerita I Bergambar

Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337. Diakses 4

Oktober 2019.

Alliyah, S., Maslichan, Ekonomi, J. I., Alliyah, S., & Maslichan). (2022).

Penggunaan Praktik

Akuntansi Manajemen (PAM) pada UKM 101 Fokus Ekonomi Penggunaan Praktik

Akuntansi Manajemen (PAM) Pada UKM di Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmiah

Ekonomi, 17, 101–114. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe

Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021).

Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap

Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa

Kelas III SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Renjana Pendidikan Dasar. 1(2): halaman

-84.

Hartati, S. (2018).

Using Educational Video to Promoting Listening Skill Children of 5-6 Years

Old. Early Childhood Education Journal of Indonesia

Hasibuan, M. I. (2014).

Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning).

II

(01), 1–12.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Radeva Hendika Yuananda, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR: MANFAAT MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/118

Most read articles by the same author(s)