PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA GEOBOARD
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA GEOBOARD
Keywords:
Bangun Datar, Media Geoboard, Pemahaman Konsep, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media geoboard dapat meningkatkan
pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika materi bangun datar
melalui media geoboard pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kalikepek Tahun
Ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari tiga tahapan dalam tiap siklusnya yaitu tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan
ditandai dengan 75% peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran telah
memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥70). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media geoboard dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam
pembelajaran matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas IV SD
Negeri Kalikepek. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai tes
matematika peserta didik kelas IV pada siklus I dengan nilai rata-rata peserta
didik 60,35 dan 6 peserta didik (43%) telah mencapai KKTP. Pada siklus II
mengalami peningkatan nilai tes dengan nilai rata-rata menjadi 86 dan 12 peserta
didik (85%) telah mencapai KKTP yang berarti bahwa pada siklus II telah
memenuhi indikator keberhasilan 75%.
Downloads
References
Agama, P., Di, I., & Medan, M. A. N. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan.
Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP,
(2), 147–153.
https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Agustin, R., Budiono, & Sucipto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam
Pelajaran HakDan Kewajiban Dirumah Melalui Model Pjbl Pada Kelas IiiDi Sdn
Junrejo 2 Kota Batu Tahun Ajaran 2022/2023.
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar,
(01), 4816–4822.
Bhoko, V., Wungo Kaka, P., & Uge Lawe, Y. (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS
DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL
(Problem Based Learning) TEMA CITA-CITAKU.
Jurnal Citra Pendidikan,
(1), 723–
https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1039
Damanik, N. M., Katolik, U., & Thomas, S. (2019).
Upaya Meningkatkan Kemampuan Model
Pembelajaran Kooperatif.
(2), 76–89.
Dolhasair, G., Istiyati, S., & Karsono, K. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan
Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas
II Sekolah Dasar.
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO),
(3), 111–118.
Farhana, S., Aam Amaliyah, Agustini Safitri, & Rika Anggraeni. (2022). Analisis persiapan
guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar.
Educenter :
Jurnal
Ilmiah
Pendidikan,
(5), 507–511.
https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171
Garvis, S., & Nislev, E. (2017). Mathematics with infants and toddlers.
Engaging Families as
Children's First Mathematics Educators: International Perspectives, 33-46.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif.
Journal of Information System,
Applied, Management, Accounting and Research,
(2), 19–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fida Nur Azizah, Novy Trisnani, M.Pd., Ratri Shinta Wardhani, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.