MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Nurul Insani Putri
  • Dra. Yuliatun, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd.

Keywords:

emampuan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia, Media Laptop Baca

Abstract

ujuan penulisan ini membahas tentang media laptop baca, penerapan media
laptop baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan,
hasil kemampuan membaca permulaan menggunakan media laptop baca.
Metode penulisan ini menggunaan Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-
langkah yaitu: (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi/pengamatan (3)
refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil
kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan ditandai
dengan 75% peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran telah
memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥72). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media Laptop Baca meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SD Negeri Tanjungharjo.
Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca
permulaan peserta didik pada aspek pelafalan, intonasi, kejelasan dan
kelancaran dengan ditunjukkan pada hasil pretest nilai rata-rata peserta didik
adalah 59,375 dan 5 peserta didik (27,78%) hal ini dilihat pada kejelasan dan
intonasi masih sangat kurang baik, namun mengalami peningatan pada siklus I
nilai rata-rata peserta didik adalah 69,027 dan 10 peserta didik (55,55%) telah
mencapai KKTP dengan adanya peningkatan pada kejelasan dan intonasi. Pada
siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata menjadi
84,375 dan 16 peserta didik (88,88%) telah mencapai KKTP yang berarti bahwa
pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan 75%. Berdasarkan hasil
maka diharapkan guru dan sekolah mampu menciptakan media pembelajaran
yang menarik guna untuk menarik perhatian peserta didik agar semangat dalam
kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan

Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas I Di Mi Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo

Choyroh, I. D. U. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui

Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Di TK Al Hidayah V

Sanenrejo Tempurejo.

Darmata. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book

pada Siswa Kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman. Hal 102

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media

Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24

(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Isnaeni, N & Dewi, H. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar

Siswa. Syntax Transformation, Vol. 1 No. 5

Junaidi (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal

Manajemen Pendidikan dan Pelatihan E-ISSN:2598-6449 P-ISSN: 2580-4111 Vol. 3,

No. 1, April 2021

Kharizmi, Muhammad. (2021). “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan

Kemampuan Literasi.” Ragam:Jurnal Multidisiplin Ilmu 2, no. 3

http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917

Kristanto. (2013). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu

Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo

Kumala, 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Nurul Insani Putri, Dra. Yuliatun, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/123

Most read articles by the same author(s)