MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAPTOP BACA KELAS II SD NEGERI TANJUNGHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
emampuan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia, Media Laptop BacaAbstract
ujuan penulisan ini membahas tentang media laptop baca, penerapan media
laptop baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan,
hasil kemampuan membaca permulaan menggunakan media laptop baca.
Metode penulisan ini menggunaan Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-
langkah yaitu: (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi/pengamatan (3)
refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil
kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan ditandai
dengan 75% peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran telah
memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥72). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media Laptop Baca meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SD Negeri Tanjungharjo.
Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca
permulaan peserta didik pada aspek pelafalan, intonasi, kejelasan dan
kelancaran dengan ditunjukkan pada hasil pretest nilai rata-rata peserta didik
adalah 59,375 dan 5 peserta didik (27,78%) hal ini dilihat pada kejelasan dan
intonasi masih sangat kurang baik, namun mengalami peningatan pada siklus I
nilai rata-rata peserta didik adalah 69,027 dan 10 peserta didik (55,55%) telah
mencapai KKTP dengan adanya peningkatan pada kejelasan dan intonasi. Pada
siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata menjadi
84,375 dan 16 peserta didik (88,88%) telah mencapai KKTP yang berarti bahwa
pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan 75%. Berdasarkan hasil
maka diharapkan guru dan sekolah mampu menciptakan media pembelajaran
yang menarik guna untuk menarik perhatian peserta didik agar semangat dalam
kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Azizah, A. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan
Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas I Di Mi Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo
Choyroh, I. D. U. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui
Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Di TK Al Hidayah V
Sanenrejo Tempurejo.
Darmata. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book
pada Siswa Kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman. Hal 102
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media
Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24
(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Isnaeni, N & Dewi, H. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar
Siswa. Syntax Transformation, Vol. 1 No. 5
Junaidi (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal
Manajemen Pendidikan dan Pelatihan E-ISSN:2598-6449 P-ISSN: 2580-4111 Vol. 3,
No. 1, April 2021
Kharizmi, Muhammad. (2021). “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan
Kemampuan Literasi.” Ragam:Jurnal Multidisiplin Ilmu 2, no. 3
http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917
Kristanto. (2013). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu
Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo
Kumala, 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Insani Putri, Dra. Yuliatun, M.Pd., Siwi Utaminingtyas, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.