PENINGKATAN SIKAP MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI GEBANGAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
PENINGKATAN SIKAP MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI GEBANGAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
sikap, matematika, model discovery learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap matematika
menggunakan model discovery learning. Model ini dipilih karena berorientasi
pada proses pembelajaran, sehingga peserta didik mampu menemukan jawaban
sendiri dan mampu menyelesaikan masalah dengan penuh makna. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian
ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek
pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Gebangan yang terdiri
dari 7 peserta didik laki-laki dan 3 peserta didik perempuan. Objek penelitian ini
adalah meningkatkan sikap matematika peserta didik menggunakan model
pembelajaran discovery learning. Sikap tidak memperhatikan, kurang aktif dan
tidak percaya diri menjadi perhatian khusus di kelas III SD Negeri Gebangan.
Setelah dilakukan penelitian, terdapat peningkatan pada sikap matematika
peserta didik. Pada siklus I perolehan persentase sikap matematika secara
menyeluruh sebesar 56% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75%.
Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat
meningkatkan sikap matematika peserta didik kelas III SD Negeri Gebangan.
Downloads
References
Ardiyanti, T., dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran
Discovery Learning Bebantuan Media Kelas V Sekolah Dasar.
Jurnal Karya
Pendidikan Matematika Vol. 6 (1). 27-34
Ariawan, R. 2014. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika, Pembelajaran Matematika
Serta Soal Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis.
Prosiding Seminar
Nasional Dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah. Universitas Riau.
-438.
Djaali. 2011.
Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara.
Harahap, E. R., Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII
Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel.
SEMNASTIKA UNIMED. ISBN;
-602-17980-9-6.
Hidayat, A. 2020. Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
(PAIKEM).
Jurnal An-Nur. (5) 2. 39-50
Hosnan. 2014.
Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Malawi, I., dan Kadarwati, A. 2017.
Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Magetan:
CV. AE Grafika.
Nurhayati. 2010. Pengaruh Sikap dan Kebiasaan Terhadap Hasil Belajar Matematika.
Jurnal
Formatif. 1 (3). 247-254.
Rezeki, S., dan Mutia, M. 2020. Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Melalui
Model Pembelajaran Novick.
Academic Journal of Math. 2 (2). 169-178.
Setiawan, I. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Peserta Didik
Kelas III SD Negeri Bendungan III dengan Alat Peraga.
Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Edisi 3 Tahun Ke-5. 214-226.
Sriyanti, I. 2021. Sikap Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran
Learning Cycle 5E.
Pasundan Journal of Mathematics Education. (11) 1. 36-49.
Suhana, C. 2014.
Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Sumantri, M., dan Puspita, R. 2014. Hubungan Antara Sikap Matematika dan Lingkungan
Belajar Matematika Siswa Kelas V SD.
Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (2). 84-92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Septiana Wahyu Jati, Novy Trisnani, M.Pd., Dra. Yuliatun, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.