Studi komparasi hasil belajar matematika menggunakan model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Nissa Oktevianna Amalia Dewi IKIP PGRI Wates
  • Subaryana IKIP PGRI Wates
  • Sumpana IKIP PGRI Wates

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel kelas IVB dan IVC yang berjumlah 50 peserta didik. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning dan variabel terikatnya hasil belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan tes, dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden pada mata pelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS for Windows version 16. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan adanya perbedan hasil belajar antara penggunaan model Discovery Learning di kelas IVC dan Contextual Teaching and Learning di kelas IVB. Dari uji Independent Sample t-Test dapat diketahui bahwa model DL memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada model CTL. hal tersebut dapat dilihat dari mean model DL sebesar 85,8 dengan standar deviasi 2.35726 yang lebih tinggi di bandingkan mean model CTL sebesar 76,8 dengan standar deviasi 1.91224. Sedangkan hasil thitung lebih besar dari ttabel = (2.965 > 1,677).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup

Euis Karwati dan Doni Juni Purwansa. 2015. Manajeman Kelas. Bandung: Alfabeta

Jumanta Handayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Karunia Eka lestari. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandug: Refika Aditama

Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belaja. Jakarta: Renika Cipta Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyudin Zarkasyi. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama

Wina Sajaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Dewi, N. O. A., Subaryana, & Sumpana. (2022). Studi komparasi hasil belajar matematika menggunakan model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 46–50. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/13