Studi komparasi hasil belajar matematika menggunakan model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel kelas IVB dan IVC yang berjumlah 50 peserta didik. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning dan variabel terikatnya hasil belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan tes, dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden pada mata pelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS for Windows version 16. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan adanya perbedan hasil belajar antara penggunaan model Discovery Learning di kelas IVC dan Contextual Teaching and Learning di kelas IVB. Dari uji Independent Sample t-Test dapat diketahui bahwa model DL memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada model CTL. hal tersebut dapat dilihat dari mean model DL sebesar 85,8 dengan standar deviasi 2.35726 yang lebih tinggi di bandingkan mean model CTL sebesar 76,8 dengan standar deviasi 1.91224. Sedangkan hasil thitung lebih besar dari ttabel = (2.965 > 1,677).
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup
Euis Karwati dan Doni Juni Purwansa. 2015. Manajeman Kelas. Bandung: Alfabeta
Jumanta Handayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Karunia Eka lestari. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandug: Refika Aditama
Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belaja. Jakarta: Renika Cipta Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wahyudin Zarkasyi. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama
Wina Sajaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nissa Oktevianna Amalia Dewi, Subaryana, Sumpana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.