PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JANTURAN TAHUN AJARAN 2022/2023
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JANTURAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Ex post facto. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan Tahun Ajaran 2022/2023 terdiri dari 28 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini minat belajar dan perhatian orang tua. Serta variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai R!sebesar 85,9% dan t"#$%&' > t$()*+(12,611 > 2,060) dengan taraf signifikasi 5%. (2) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai R!sebesar 88,4% dan t"#$%&' > t$()*+(14,076 > 2,060) dengan taraf signifikasi 5%. (3) Ada pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Janturan tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai R!sebesar 99,8% dan t"#$%&' > t$()*+ (5135,831 > 3,39) dengan taraf signifikasi 0,2 %.
Downloads
References
Abduloh, S., Pubangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia
Ansel, F & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(2), 303
Darmono & Hasan, M. (2022). Menyelesaikan Skripsi Dalam Satu Semester. Malang: Grasindo
Erlando, D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif Nomor 1), 41
Fuad, A & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa (Nomor 22), 45-46
Herdiawanto, H & Hamdayama, J. (2021). Dasar-Dasar Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Indriani, R. (2022). Penerapan Pendekatan Concrete Represetational Abstract (CRA) Pada Muatan Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. (Vol. 10
tahun 2022), 411
Jihad, A. (2020). Model Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia
Karina, M. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Nomor 1), 65-66
Limbong, P. (2018). Model Pembelajaran CTL dan RME Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Padang: Guepedia
Mahmudi, A. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa.
Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran (Nomor 1), 126
Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar
Matematika dan Pendidikan Matematika, 662
Utaminingtyas, S., Subaryana & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan
Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Riset Pedagogik. 4(2), 351
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asih Astrimiatun, Dra. Yuliatun, M.Pd, Siwi Utaminingtya, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.