Pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar

Authors

  • Ria Christiana IKIP PGRI Wates Yogyakarta
  • Geyol Sugiyanta
  • Yuliatun IKIP PGRI Wates

Keywords:

Hasil belajar, CTL, Matematika

Abstract

Hasil belajar Matematika di sekolah dasar rendah karena di dalam proses pembelajaran berpusat pada guru, peserta didik kurang aktif, selain itu model pembelajaran kurang bervariatif. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika sekolah dasar, mengetaui pelaksanaan Model Contextual Teaching dan Learning di sekolah dasar dan mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Contextual Teaching dan Learning terhadap hasil belajar Matematika di sekolah dasar. Metode penulisan ini menggunakan Library Research dengan langkah-langkah: pemilihan topik; eksplorasi informasi, menentukan fokus penulisan, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data dan penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian terdahulu dan buku. Model CTL sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah yang dapat membantu mengatasi masalah yang dialami peserta didik berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Dengan model CTL dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam belajar salah satunya mata pelajaran Matematika. Model CTL adalah suatu konsep pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran peserta didik untuk mampu mengkaitkan antara materi yang dipelajari dengan kegiatan yang terjadi sekelilingnya dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil analisis Library Research diketahui bahwa model CTL dapat membantu mempengaruhi hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Kistian. 2018. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Harapan Jaya Bandar Lampung.

Ahmad Nasirudin, Intan. 2019. Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan.

Arif Rohman. 2017. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Desi Putrianasari, Wasito Hadi. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran- Kabupaten Semarang.

Dewi Andriani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan.

Gatot Muhsetyo, dkk. 2014. Pembelajaran Matematika SD. Volume I. Hal 1-47.

Hartini. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Materi Pecahan Kelas III MI AL Ma’arif Kota Sorong.

Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Bogor: Ghalia Indonesia

I Made Suarjana, I Ketut Dibia, Ni Luh Ayu Sariani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika.

Liputan6.com pada 12 Juni 2019, 18.50 WIB. Rata-rata Nilai USBN SD Matematika di Yogyakarta Anjlok

Mestika Zed. 2017. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Milya Sari dan Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Ninda Beny Asfuri. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 06 Ngringo Karanganyar

Putu Mira Novita Sari, Desak Putu Parmiti, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. 2020. Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD.

Siti Muflihah, Anerbelson Lepith. 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar.

Tri Wahyunisari. 2018. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung.

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat (1)

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (1)

Widya Sari. 2019. Skripsi Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Yurna Ariantika. 2018. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Harapan Jaya Bandar Lampung.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Christiana, R., Sugiyanta, G., & Yuliatun. (2022). Pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 27–37. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/9