Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning CTL terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar

Authors

  • Anis Arifah Nugroho IKIP PGRI Wates
  • Geyol Sugiyanta IKIP PGRI Wates
  • Yuliatun IKIP PGRI Wates

Keywords:

contextual teaching and learning (CTL), Hasil belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik Sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan library research dengan langkah-langkah yaitu (1) pemilihan topik, (2) eksplorasi informasi, (3) menentukan fokus penelitian, (4) pengumpulan sumber data, (5) persiapan penyajian data, (6) penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian terdahulu dan buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meninkatkan hasil belajar Matematika peserta didik sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Kistian. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Penelitian (Vol. 5 tahun 2018) 13-24. Diperoleh dari

https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206. Di unduh tanggal 10 Oktober 2020.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup.

Almira Amir. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipilatif.

Aris Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Daryanto. (2013). Inovasi Pembeljaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Desi Putrinasari (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan. (2014). Pendekataan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husnul Khatimah. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika. Jurnal pendidikan Matematika (Vol. 2 tahun 2019). Diperoleh dari file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/56-Article%20Text-169-1-10-20200127.pdf.

Jumanta Handayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kun Ajengprabandari. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belaar Pada Mata Pelaaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadal.

Lies Styaningrum. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matemtika.

Mardiah Kalsum Nasution. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Vol. 11 tahun 2017) 9-16. Diperoleh dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515 Pada tanggal 14 Mei 2020.

Nanang Priatna, Ricky Yuliardi. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardyono. (2004). Karakteristik matematika dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematia.

Wina Sajaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Yulinda Amalia, Rasiman. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Media Pohon Hitung Terhadap Hasil Belajar Materi Oprasi Hitung. Jurnal Of Elementary Education (Vol. 3 tahun 2019) 186193. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18525. Di unduh pada tanggal 12 februari 2021.

Wina Sajaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Yulinda Amalia, Rasiman. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Media Pohon Hitung Terhadap Hasil Belajar Materi Oprasi Hitung. Jurnal Of Elementary Education (Vol. 3 tahun 2019) 186193. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18525. Di unduh pada tanggal 12 februari 2021.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Arifah Nugroho, A., Sugiyanta, G., & Yuliatun. (2021). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning CTL terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 55–64. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/34