ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI TANJUNGHARJO

Authors

  • Rose Bellaiano
  • Novy Trisnani, M.Pd.
  • Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.

Keywords:

Keaktifan Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu keaktifan belajar peserta didik (variabel
bebas) dan pembelajaran matematika berdiferensiasi (variabel terikat). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik dalam
pembelajaran Matematika berdiferensiasi di SD Negeri Tanjungharjo. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian SD Negeri
Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Instrument yang digunakan peneliti yaitu observasi, pedoman
wawancara serta dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas VI,
dan informan peneliti sebagai narasumber pendukung yaitu wali kelas VI. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi.
Teknik analisis dan Interprestasi data menggunakan 4 tahapan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melaksanakan pembelajaran
Matematika berdiferensiasi terdapat keaktifan belajar peserta didik kelas VI SD
Negeri Tanjungharjo, ditunjukkan melalui hasil observasi keterlaksanaan
pembelajaran peserta didik selama 4 pertemuan, menunjukkan bahwa dalam
pembelajaran berdiferensiasi memperoleh rata-rata yaitu kegiatan pendahuluan
86%, kegiatan inti 80%, kegiatan penutup 95%. Adapun hasil observasi keaktifan
belajar peserta didik menunjukan rata-rata yaitu kegiatan visual 86%, kegiatan
lisan 71%, kegiatan mendengarkan 89%, kegiatan menulis 100%, kegiatan
praktik 71%. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor
yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik di SD Negeri Tanjungharjo
kelas VI yaitu terdapat faktor internal yaitu psikologi dan faktor eksternal yaitu
sosial dan non sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S.,

Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Annisa., dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa

Full Day School.

Journal of Primary Education, 4(1).

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar, Peserta didik dalam Pembelajaran.

Lantanida Jornal. 2(5)

Faiz, Aiman, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada

Modul 2.1.

Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Kamal, Syamsir. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas XI MIPA

SMA Negeri 8 Barabai.

Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 1(1)

Kurniyanthi, P., Suarni, K., Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran

Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Pengendalian

Kemampuan Numerik Pada Peserta didik Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana

Denpasar Utara.

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 3(1)

Mutia R.S dan Ismah. 2018. Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta didik Dalam Proses

Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan

Matematika 2018. Vol. 01,

Purwanto. (2014.

Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended

untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Aljabar

Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat.

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika

Indonesia), 1(1), 20.

Subhan, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak.

Jurnal

Pembelajaran Prospektif, 7(1).

Wahyuningsih, E. S. (2020).

Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Grup

Penerbit CV Budi Utama.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Rose Bellaiano, Novy Trisnani, M.Pd., & Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si. (2024). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI TANJUNGHARJO. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/129

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>