ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH BROSOT
Keywords:
Motivasi Belajar, Pembelajaran IPAS,, kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan penulisan ini membahas tentang motivasi belajar peserta didik kelas IV,
mendeskripsikan pembelajaran IPAS pada pelaksanaan kurikulum merdeka di
SD Muhammadiyah Brosot, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Metode
penulisan ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Analisis data dalam
penelitian meliputi empat tahapan yaitu: (1) pengumpulan data (2) reduksi data
(3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam
penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV di SD Muhammadiyah
Brosot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Brosot telah
mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022 secara bertahap.
Hingga pada tahun ajaran 2024/2025 pelaksanaan sudah secara menyeluruh.
Pembelajaran IPAS di kelas IV merupakan mata pelajaran baru bagi peserta
didik. Guru mempunyai kesiapan dalam melaksanakan aktivitas belajar IPAS di
kelas IV. Kegiatan pembelajaran IPAS mencakup kegiatan perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Meskipun pada penerapannya menghadapi beberapa
tantangan, pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Motivasi belajar peserta
didik kelas IV pada pembelajaran IPAS begitu beragam. Peserta didik
menunjukkan motivasi dalam belajar IPAS. Dilihat dari ketiga indikator motivasi,
peserta didik mempunyai minat dalam belajar, tekun dan senang memecahkan
soal. Perbedaan karakteristik turut serta dalam menunjukkan adanya perbedaan
motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPAS pada
pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah Brosot.
Downloads
References
Andreani, D. dan Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata
Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal PGSD, Vol. 11 (9), 1841-1854.
Anjaryani, A. M. dan Edwina, T. N. (2020). Faktor-Faktor Psikologi Yang Mempengaruhi
Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua Terhadap Pembelajaran Sejarah. G-Couns:
Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1)
Daheri, M. dkk. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik di Era New Normal.
Journal on
Education Vol. 05 (03), pp. 9640-9649.
Dimyati, M. (2009).
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadlilah, U. N., Khamdun, K., dan Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS
Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V.
Journal on Education,
(3),
-16321.
Halimahturrafiah, N. dkk. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh
Guru di SMK Al-Inayah Tebo Provinsi Jambi
. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2),
-4134.
Hamalik, O. (2017).
Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Idayanti, S. (2023). Analisis kesesuaian P5P2RA dengan prinsip pelaksanaan dan dampaknya
terhadap perilaku peserta didik.
Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan
Jakarta,
(1), 48-66.
Iskandar dkk, (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.
Journal Of Social
Science Research. 3(2), 2322-2336.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisaa’ Husna Amalia, Siwi Utaminingtyas, M.Pd, Novy Trisnani, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.