Urgensi media pembelajaran audio visual pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di skolah dasar

Authors

  • Dwi Indarwati IKIP PGRI Wates Yogyakarta
  • Faridl Musyadad

Keywords:

Audio Visual, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi media pembelajaran audio visual pada hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data (3) menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan (4) menginterprestasikan atau menganalisis data dari berbagai bacaan (5) penyusunan laporan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah berupa buku, jurnal, skripsi tentang pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, media pembelajaran, perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar, dan media pembelajaran audio visual pada hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Media pembelajaran audio visual merupakan seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara yang dapat membentuk karakter sama dengan objek aslinya. Urgensi penggunaan media audio visual di sekolah dasar yakni dapat menayangkan materi pelajaran secara nyata sehingga sangat baik untuk menambah pengalaman belajar bagi peserta didik. Hal ini sangat sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar pola pikir konkret. Keunggulannya apabila ada peserta didik yang tertinggal akan materi maka video dapat diputar kembali sesuai dengan kebutuhan. Media audio visual ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran dalam jaringan. Berdasarkan hasil analisis teori-teori dan data pustaka yang dikumpulkan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 penelitian dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan hasil belajar IPA mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran audio visual. 5 jenis penelitian lainnya menggunakan jenis penelitian eksperimen dan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dengan adanya perlakuan yaitu menggunakan media pembelajaran audio visual hasil belajar menjadi bertambah dibandingkan kelas kontrol tanpa adanya perlakuan khusus. Oleh karena itu, penggunaan media audio visual dapat berpengaruh baik dalam meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education Psychology and Counseling. (Vol. 2, No. 1)

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pancaran. (Vol. 4, No.1)

Ari Hastuti dan Yudi Budianti. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargerbang II Kota Bekasi. Pedagogik. (Vol. II, No.2)

Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dini Susanti dan Rika Apriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual Pada Kelas IV Min I Kota Padang. Jurnal Kajian dan pengembangan Umat Fakultas Agama Islam. (Vol. 3, No.2)

Henry Aditia Rigianti. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School. (Vol.7, No.2)

Hujair AH Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif –Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA

Imam Nur Hakim. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif Di SD/MI Dalam Kurikulum 2013. Insania. (Vol. 19, No.1)

Munadi, Yudhi. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: GP Press Group

Ricardus Jundu, Fransiskus Nendi, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan IPA. (Vol.2, No.2)

Sobron, Bayu, dkk. (2019). Pengaruh daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019. ISBN: 978-602-99975-3-8

Sobron, Bayu, dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. (Vol. 1, No. 2)

Tahan Suci Windasari dan Harlinda Sofyan. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-580

Downloads

Published

2021-04-26

How to Cite

Indarwati, D., & Musyadad, F. (2021). Urgensi media pembelajaran audio visual pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di skolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 23–29. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/4