IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Kemampuan Membaca Pemahaman, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Pemahaman
pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Implementasi Kurikulum Merdeka
Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Widoro Pengasih. Pada pembelajaran bahasa
Indonesia ini mencangkup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang
digunakan untuk melihat kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas
IV. Jenis penelitian yaitu penelitian kualiatatif. Subjek penelitian yang digunakan
yaitu guru kelas dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang. Objek yang
diteliti yaitu kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa
Indonesia. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
dengan menggunakan tiga alur yang bersamaan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan
traingulasi teori dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Widoro Pengasih sudah
sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada implementasi
kurikulum merdeka. Namun kemampuan membaca setiap anak berbeda-beda hal
ini dipengaruhi pada beberapa faktor diantaranya keadaan kelas yang cukup
ramai, waktu pembelajaran di siang hari, kaliamat yang dirasa terlalu panjang,
paragraf yang terlalu banyak, materi yang sulit untuk dipahami, kurangnya
penguasaan kosa kata dan juga kurangnya pembiasaan dalan membaca.
Downloads
References
Asri. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Modeling.
Jurnal Program, 192-202.
Chandra. (2021). Kemampuan Membaca lancar Anak Pada Masa Pandemi COVID-19,
Jurnal
Basicedu, Vol. 5, No.2.
Mardiana. (2020).
Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk meningkatkan Kemampuam
Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan, Vol. 1, 90.
Mariana. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok pada Paragraf Kelas IV
SD Swasta Harapan Baru Medan, Jurnal Kreatif Taduloka, Vol. 1, No. 1, hal. 1
Nurhadi, (2018).
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Pedagogik, Vol. 9, 74-75.
Pandawa. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 1, No. 1.
Pratama. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa.
Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-7, hal. 2-3
Rahman. (2022).
Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian
Pendidikan Islam. Hal. 2
Sari. (2020). Permasalahan Ketrampilan Membaca Siswa. Hal.1
Sholeh. (2020). Refleksi hasil PISA
(The Programme For International Student. Jurnal Golden
Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04, 1.
Syari’at. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Sekolah Dasar.
JPGSD, Vol. 10, 245.
Tarigan, H.G. (2015).
Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuryati, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.