IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Nuryati
  • Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd.
  • Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Kemampuan Membaca Pemahaman, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Pemahaman
pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Implementasi Kurikulum Merdeka
Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Widoro Pengasih. Pada pembelajaran bahasa
Indonesia ini mencangkup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang
digunakan untuk melihat kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas
IV. Jenis penelitian yaitu penelitian kualiatatif. Subjek penelitian yang digunakan
yaitu guru kelas dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang. Objek yang
diteliti yaitu kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa
Indonesia. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
dengan menggunakan tiga alur yang bersamaan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan
traingulasi teori dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Widoro Pengasih sudah
sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada implementasi
kurikulum merdeka. Namun kemampuan membaca setiap anak berbeda-beda hal
ini dipengaruhi pada beberapa faktor diantaranya keadaan kelas yang cukup
ramai, waktu pembelajaran di siang hari, kaliamat yang dirasa terlalu panjang,
paragraf yang terlalu banyak, materi yang sulit untuk dipahami, kurangnya
penguasaan kosa kata dan juga kurangnya pembiasaan dalan membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Modeling.

Jurnal Program, 192-202.

Chandra. (2021). Kemampuan Membaca lancar Anak Pada Masa Pandemi COVID-19,

Jurnal

Basicedu, Vol. 5, No.2.

Mardiana. (2020).

Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk meningkatkan Kemampuam

Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan, Vol. 1, 90.

Mariana. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok pada Paragraf Kelas IV

SD Swasta Harapan Baru Medan, Jurnal Kreatif Taduloka, Vol. 1, No. 1, hal. 1

Nurhadi, (2018).

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Pedagogik, Vol. 9, 74-75.

Pandawa. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 1, No. 1.

Pratama. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa.

Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-7, hal. 2-3

Rahman. (2022).

Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian

Pendidikan Islam. Hal. 2

Sari. (2020). Permasalahan Ketrampilan Membaca Siswa. Hal.1

Sholeh. (2020). Refleksi hasil PISA

(The Programme For International Student. Jurnal Golden

Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04, 1.

Syari’at. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Sekolah Dasar.

JPGSD, Vol. 10, 245.

Tarigan, H.G. (2015).

Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Nuryati, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., & Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024: IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WIDORO PENGASIH TAHUN AJARAN 2023/2024. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/111

Most read articles by the same author(s)