MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG

Authors

  • Laila Novita Sari
  • Novy Trisnani, M.Pd.
  • Yuliatun, M.Pd.

Keywords:

Kemampuan Berhitung, matematika, Media Ular Tangga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik
kelas II di SD Negeri Serang pada pembelajaran Matematika dengan
menerapkan media ular tangga. Metode penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga langkah utama yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Serang yang berjumlah 27
peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi
dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan aktivitas
pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga
dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II SD Negeri
Serang. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I dengan presentase 51,8%
sedangkan pada siklus II ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 81,4%.
Dapat disimpulkan bahwa pada siklus II telah telah memenuhi indikator
keberhasilan 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran.

AXIOM: Jurnal

Pendidikan dan Matematika, vol. 7, no. 1, 91-96.

Nawafilah, N. Q., & Masruroh. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga

Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN

Guminingrejo Tikung Lamongan.

Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat,

Vol. 3 No. 1, 37-46.

Purba, R. A., dkk. (2020).

Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ratnaningsih, N. N. (2015).

Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro, Sleman. Skripsi. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak

Melalui Kegiatan Bermain Sempoa.

Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 1, no. 2, 72-77.

Ruslan, P. O., dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media

Permainan Ular Tangga pada Kelompok B.

Jurnal Ceria, Vol.2 No.6, 339-346.

Samidi & Istarani. (2016).

Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

dan Matematika. Jakarta: LARISPA.

Sani, R., A. (2020).

Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Laila Novita Sari, Novy Trisnani, M.Pd., & Yuliatun, M.Pd. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/122

Most read articles by the same author(s)