MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SERANG
Keywords:
Kemampuan Berhitung, matematika, Media Ular Tangga.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik
kelas II di SD Negeri Serang pada pembelajaran Matematika dengan
menerapkan media ular tangga. Metode penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga langkah utama yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Serang yang berjumlah 27
peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi
dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan aktivitas
pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga
dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II SD Negeri
Serang. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I dengan presentase 51,8%
sedangkan pada siklus II ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 81,4%.
Dapat disimpulkan bahwa pada siklus II telah telah memenuhi indikator
keberhasilan 75%.
Downloads
References
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran.
AXIOM: Jurnal
Pendidikan dan Matematika, vol. 7, no. 1, 91-96.
Nawafilah, N. Q., & Masruroh. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga
Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN
Guminingrejo Tikung Lamongan.
Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
Vol. 3 No. 1, 37-46.
Purba, R. A., dkk. (2020).
Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ratnaningsih, N. N. (2015).
Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro, Sleman. Skripsi. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak
Melalui Kegiatan Bermain Sempoa.
Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 1, no. 2, 72-77.
Ruslan, P. O., dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media
Permainan Ular Tangga pada Kelompok B.
Jurnal Ceria, Vol.2 No.6, 339-346.
Samidi & Istarani. (2016).
Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
dan Matematika. Jakarta: LARISPA.
Sani, R., A. (2020).
Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laila Novita Sari, Novy Trisnani, M.Pd., Yuliatun, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.