PENERAPAN PERMAINAN PESAN BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
PENERAPAN PERMAINAN PESAN BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pesan berantai, Keterampilan Menulis Narasi, BerbicaraAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak dan
berbicara peserta didik yang disebabkan oleh pemilihan metode pembelajaran
yang kurang variatif dan terpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui proses penerapan permainan pesan berantai dalam meningkatkan
keterampilan menyimak dan berbicara bagi peserta didik. Jenis penelitian yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan
penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan
observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan pesan berantai dalam
pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara pada
peserta didik kelas II SD Negeri Kepek. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan ketuntasan keterampilan menyimak dan berbicara yang diukur
menggunakan instrumen penelitian. Pada siklus I ketuntasan keterampilan
menyimak peserta didik sebesar 64% (16 peserta didik tuntas), sedangkan
ketuntasan keterampilan berbicaranya sebesar 64% (16 peserta didik tuntas).
Pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan keterampilan menyimak
mencapai 80% (20 peserta didik tuntas), sedangkan keterampilan berbicaranya
mencapai 84% (21 peserta didik tuntas).
Downloads
References
Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak
Usia 6 Tahun di RA An-Nuur Subang.
Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia
Dini dan Al-Qur’an, 1 (1), 8-17.
Fajri, E. Z. (2008).
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.
Fajriah, N. (2022). Penerapan Strategi Partisipatif Teaching and Learning melalui Permainan
Bisik Berantai (Al Asrar Al Mutasalsil) dalam Pembelajaran Maharah Istima’.
Seulanga: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 1 (1), 24-32.
Fauziah, A. (2015).
Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap
Keterampilan Menyimak Pantun (Quasi Eksperimen pada Kelas IV SDN Bekasi Jaya
II). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Jurnal Cakrawala Pendas, 5 (2), 158-
Ghofar, A. (2017). Fleksibilitas Pengelolaan Kelas dalam Pendidikan (Ekspektasi Efektivitas
Keberhasilan Proses Pembelajaran).
Jurnal Pendidikan Islam. 2 (1), 24-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khamid Ma’ruf, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.