ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI TANJUNGHARJO
Keywords:
Keaktifan Belajar, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu keaktifan belajar peserta didik (variabel
bebas) dan pembelajaran matematika berdiferensiasi (variabel terikat). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik dalam
pembelajaran Matematika berdiferensiasi di SD Negeri Tanjungharjo. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian SD Negeri
Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Instrument yang digunakan peneliti yaitu observasi, pedoman
wawancara serta dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas VI,
dan informan peneliti sebagai narasumber pendukung yaitu wali kelas VI. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi.
Teknik analisis dan Interprestasi data menggunakan 4 tahapan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melaksanakan pembelajaran
Matematika berdiferensiasi terdapat keaktifan belajar peserta didik kelas VI SD
Negeri Tanjungharjo, ditunjukkan melalui hasil observasi keterlaksanaan
pembelajaran peserta didik selama 4 pertemuan, menunjukkan bahwa dalam
pembelajaran berdiferensiasi memperoleh rata-rata yaitu kegiatan pendahuluan
86%, kegiatan inti 80%, kegiatan penutup 95%. Adapun hasil observasi keaktifan
belajar peserta didik menunjukan rata-rata yaitu kegiatan visual 86%, kegiatan
lisan 71%, kegiatan mendengarkan 89%, kegiatan menulis 100%, kegiatan
praktik 71%. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor
yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik di SD Negeri Tanjungharjo
kelas VI yaitu terdapat faktor internal yaitu psikologi dan faktor eksternal yaitu
sosial dan non sosial.
Downloads
References
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S.,
Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Annisa., dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa
Full Day School.
Journal of Primary Education, 4(1).
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar, Peserta didik dalam Pembelajaran.
Lantanida Jornal. 2(5)
Faiz, Aiman, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada
Modul 2.1.
Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Kamal, Syamsir. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas XI MIPA
SMA Negeri 8 Barabai.
Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 1(1)
Kurniyanthi, P., Suarni, K., Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran
Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Pengendalian
Kemampuan Numerik Pada Peserta didik Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana
Denpasar Utara.
Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 3(1)
Mutia R.S dan Ismah. 2018. Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta didik Dalam Proses
Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan
Matematika 2018. Vol. 01,
Purwanto. (2014.
Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended
untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Aljabar
Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat.
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika
Indonesia), 1(1), 20.
Subhan, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi
Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak.
Jurnal
Pembelajaran Prospektif, 7(1).
Wahyuningsih, E. S. (2020).
Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Grup
Penerbit CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rose Bellaiano, Novy Trisnani, M.Pd., Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.