21 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR PADA KELAS III DI SD NEGERI JANTEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

21 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR PADA KELAS III DI SD NEGERI JANTEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Umi Jumirah
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
  • Novy Trisnani, M.Pd.

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Pop Up Book.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi
bangun datar pada peserta didik kelas III di SD Negeri Janten. Metode penelitian
ini ialah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan MC.
Taggart. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi,
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes materi bangun datar
dan lembar obsrvasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan
ialah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pembelajaran matematika pada
materi bangun datar melalui media Pop Up Book peserta didik kelas III SD Negeri
Janten mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketuntasan yaitu
56% sedangkan pada siklus II ketuntasan peserta didik meningkat menjadi
90,90%. Peningkatan ini disebabkan dalam pembelajaran guru menggunakan
media pembelajaran yaitu media Pop Up Book sehingga dapat menarik perhatian
peserta didik terutama pada saat membuka media Pop Up Book nya yang
didalamnya terdapat gambar-gambar yang menarik sehingga peserta didik
sangat bersemangat dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzuanda. 2011. Design/Pop Up Child Book Puppet Figura Series? Gatotkaca?. Jurnal Library

ITS Undergraduate (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada

maret 2023).

Hasan. M, dkk., 2021. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Tahta Media Grup.

Husamah, dkk., 2016. Belajar dan Pembelajara. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Karso, dkk. 2014. Penelitian Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. 2018. Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil

Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol 4.

No 2. Dikutip pada 12 Juni 2023.

Sinthiya, A., dkk. 2015. Rencangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar

SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM. Vol 4. Hal 20. Diakses 12 Maret 2024. Jam

00 WIB.

Solichah,L. A dan Mariana, N. 2018. Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN

Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. JPGSD. Volume 06 Nomor 09. Hal 1537-

diakses pada 14 Maret 2024. Jam 12.00 WIB.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Balok. Jurnal Ilmiah

PGSD. Volume III. No 1. Diakses pada 12 Maret 2024.

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Umi Jumirah, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., & Novy Trisnani, M.Pd. (2024). 21 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR PADA KELAS III DI SD NEGERI JANTEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024: 21 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA POP UP BOOK MATERI BANGUN DATAR PADA KELAS III DI SD NEGERI JANTEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/102