IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran
berdiferensiasi pada pembelajaran matematika kelas V SDN Widoro, (2)
Mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada
pembelajaran matematika kelas V SDN Widoro. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas V dan peserta
didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi
yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan
peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi
pada pembelajaran matematika yang diawali dengan pemetaan kebutuhan
belajar peserta didik, perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk
modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan tiga komponen
utama diferensiasi, yaitu konten, proses, dan produk, serta melakukan evaluasi
dan refleksi di akhir pembelajaran. (2) Faktor penghambat pembelajaran
berdiferensiasi yaitu adanya keterbatasan waktu dan keberagaman kemampuan
peserta didik di kelas.
Downloads
References
Azmy, B. & Fanny, A.M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka
Belajar di Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217-
Gusteti, M.U & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran
Matematika di Kurikulum Merdeka.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika
dan Statistika. 3(3), 636-646.
Kemdikbud. (2021). Asesmen Diagnostik: Unit Modul Asesmen.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfiatur Rohmaniyah, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., Siwi Utaminingtyas, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.