ANALISIS PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK SD NEGERI TEGALRANDU

ANALISIS PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK SD NEGERI TEGALRANDU

Authors

  • Selvi Afnika Sundari
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
  • Novy Trisnani, M.Pd.

Keywords:

Sekolah Dasar, Literasi Baca Tulis, Pola Asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pola asuh orang tua dalam
pengembangan literasi baca tulis di SD Negeri Tegalrandu. Metode penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD
Negeri Serang sebanyak 10 orang, orang tua siswa sebanyak 10 orang, dan guru
kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan instrumen wawancara,
instrumen observasi dan instrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat tiga penerapan pola asuh orang tua di Kelas II SD Negeri Tegalrandu.
Pola asuh yang memberikan hasil baik dalam pengembangan literasi baca tulis
adalah pola asuh demokratis, dibandingkan dengan pola asuh permisif dan
otoriter. Berdasarkan analisis data pola asuh orang tua di SD Negeri Tegalrandu
dan kemajuan literasi baca tulis diidentifikasi melalui tingkat kemampuan
membaca, menulis, berbicara dan menyimak siswa. Upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan perkembangan literasi baca tulis adalah dengan memaksimalkan
pemanfaatan perpustakaan, media pembelajaran yang menarik dan tentunya
pola asuh yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Rahma. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak

Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Tarbawi 9.2. 129–40.

Fadhilah Tri, N, Dkk. 2019. “Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta

didik,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2.2. 55-249

Fransiska Amalia, 2013. Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita pada

Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. volume 2.1. 289

Ismawati dan Umaya. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Penerbit Ombak. Yogyakarta. 50

Juariyah. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama

Islam. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Lestari Dwi A. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Bullying melalui

Interaksi Teman Sebaya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Malang.

Mabruri Zuniar, K. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa

Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing di SD N Ploso 1 Pacitan.

Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. volume 1.2

Marzuki. 2013. Pengaruh Jenis Jenis Pola Asuh Orang Tua, KOnformitas, Kecerdasan, usia,

dan Gender Terhadap Kemandirian Emosional pada remaja Tuna Rungu Total UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maulana Rifqi. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Di MTs

Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta (Universitas Islam Indonesia Yogyakarta). 57

Mufidatul. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia

-6 Tahun. Nusantara Hasana Journal.

Purwati, S. 2017. Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk

Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu

Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Selvi Afnika Sundari, Dr. Faridl Musyadad, M.Pd., & Novy Trisnani, M.Pd. (2024). ANALISIS PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK SD NEGERI TEGALRANDU: ANALISIS PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK SD NEGERI TEGALRANDU. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/121

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>