ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI TANJUNGHARJO
ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI TANJUNGHARJO
Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Problematika GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SD
Negeri Tanjungharjo, problematika guru dalam implementasi kurikulum merdeka
dan upaya mengatasi problematika guru dalam implementasi kurikulum merdeka
tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala sekolah dan Guru kelas I, II, IV dan V.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Tanjungharjo
sudah melakukan perencanaan pembelajaran, penerapan karakter Profil Pelajar
Pancasila dan asesmen pembelajaran. Problematika guru dalam implementasi
kurikulum merdeka yaitu menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, membuat modul
ajar, menentukan metode pembelajaran, menggunkan media pembelajaran
digital, menggali potensi siswa, mengembangkan pembelajaran aktif,
menghubungkan pembelajaran dengan konteks lokal, penerapkan pembelajaran
berdiferensiasi, penerapan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam bentuk proyek
dan asesmen formatif. Upaya mengatasi problematika guru yaitu dengan
pendampingan dan evaluasi rutin serta mengikuti pertemuan rutin KKG,
menyesuaikan dengan kondisi siswa, memanfaatkan lingkungan sebagai media,
pengadaan buku LKS, pengecekan minat dan bakat siswa, menyajikan
pembelajaran yang menyenangkan dan berfokus pada siswa, mengaitkan materi
dengan kehidupan siswa, mencari informasi tentang pembelajaran
berdiferensiasi, menambah informasi tentang penerapan karakter Profil Pelajar
Pancasila dan melajutkan proyek di hari lain, berkomunikasi dengan pengawas
serta memberikan PR kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian senantiasa
sekolah, kepala sekolah dan guru dapat dapat memfasilitasi media pembelajaran,
sumber belajar dan meningkatkan pemahaman tentang implementasi kurikulum
merdeka.
Downloads
References
Afliani, Yohana. (2020).
Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru dalam
Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: CV. Adanu
Abimata.
Ardiyanti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam
Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan. 6(3), 399-407.
Arifin, Zainal. (2017).
Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Citriadin, Yudin. (2019).
Pengantar Pendidikan. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Mataram.
Difana, dkk. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka.
Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Sosial, 1(3) 290-298.
Hekakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru dalam Mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka.
Jurnal Pendidikan DIDAKXEI, 3(2), 394-408.
Kamal, Muhiddunur. (2019).
Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: AURA.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2019. Hasil PISA Indonesia
Diperoleh dari https://www.kemendikbud.go.id diakses pada tanggal 28 Maret
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2021. Opsi Kurikulum Prototipe
untuk Pulihkan Pembelajaran. Diperoleh dari https://www.kemendikbud.go.id
diakses pada tanggal 28 Maret 2024.
Khoirurijal. dkk. (2022).
Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara
Abadi.
Kurniawan, B., & Karmaley, C. S. (2023)
Buku Ajar Problematika Pembelajaran SD
(Degradasi Pendidikan di Era Modern). Kupang: Tangguh Denara Jaya.
Mujibbrahman., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah
Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2), 39-48.
Mulyasa. (2023).
Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Ningsih, Dr. Sumpana, M. Pd., Dra. Yuliatun M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.