IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO

Authors

  • Alfiatur Rohmaniyah
  • Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran
berdiferensiasi pada pembelajaran matematika kelas V SDN Widoro, (2)
Mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada
pembelajaran matematika kelas V SDN Widoro. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas V dan peserta
didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi
yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan
peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi
pada pembelajaran matematika yang diawali dengan pemetaan kebutuhan
belajar peserta didik, perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk
modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan tiga komponen
utama diferensiasi, yaitu konten, proses, dan produk, serta melakukan evaluasi
dan refleksi di akhir pembelajaran. (2) Faktor penghambat pembelajaran
berdiferensiasi yaitu adanya keterbatasan waktu dan keberagaman kemampuan
peserta didik di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmy, B. & Fanny, A.M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka

Belajar di Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217-

Gusteti, M.U & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran

Matematika di Kurikulum Merdeka.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika

dan Statistika. 3(3), 636-646.

Kemdikbud. (2021). Asesmen Diagnostik: Unit Modul Asesmen.

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Alfiatur Rohmaniyah, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI WIDORO. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/108

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>