PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA KELAS II SD IT BUDI MULYO TAHUN AJARAN 2024/2025
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA KELAS II SD IT BUDI MULYO TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
Congklak, Kemampuan Berhitung, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa yang
disebabkan oleh berkurangnya perhatian siswa terhadap guru dalam
pembelajaran, keinginan untuk belajar, jarang bertanya kepada guru, dan
kesulitan memahami pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah penggunaan media pembelajaran congklak dapat meningkatkan
kemampuan berhitung mata pelajaran matematika pada siswa kelas II SD IT Budi
Mulyo tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berhitung pada pelajaran matematika melalui media
pembelajaran congklak pada siswa kelas II SD IT Budi Mulyo tahun pelajaran
2024/2025. Metode penulisan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari tiga tahapan dalam tiap siklusnya yaitu tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas II yang terdiri dari 23 peserta didik. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif
kualitatif. Indikator keberhasilan ditandai dengan 75% siswa yang mengikuti
kegiatan pembelajaran telah mencapai KKTP yaitu ≥78. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media congklak dalam pembelajaran dapat
meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SD IT Budi Mulyo. Hal ini
dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan kemampuan berhitung yang
diukur menggunakan instrumen penelitian yang sudah disiapkan. Pada siklus I
ketuntasan kemampuan berhitung siswa sebesar 61% (14 siswa tuntas).
Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan kemampuan
berhitung mencapai 87% (20 siswa tuntas) yang berarti bahwa pada siklus II
telah memenuhi indikator keberhasilan 75%.
Downloads
References
Alpian, Y., dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia.
Jurnal Buana Pengabdian, Vol.
No 1, 67-68.
Aqib, Z. (2017).
PTK Penelitian Tindakan Kelas SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi.
Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini Undiksha, Volume 9 No. 1, 99–106.
Djamaluddin, A. & Wardana. (2019).
Belajar dan Pembelajaran (4 Pilar Peningkatan
Kompetensi Pedagogis). Parepare: CV Kaaffah Learning Center.
Hamruni. (2012).
Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta:
Investidaya.
Hasan, dkk. (2021).
Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Heriyati & Munasiah. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dan Minat
Matematika Siswa dengan Metode Hitung
Trachternberg.
SAP (Susunan Artikel
Pendidikan), Vol. 6 No. 3, 431-438.
Humairah. (2020).
Deskripsi Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Bermain Balok di TK
Jumnih Kota Palopo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Khan, R.I. & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui
Permainan Bowling Kaleng.
Universum: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, Vol. 10
No. 1, 65-71.
Li’anah & Setyowati, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal
Konsep Bilangan melalui Permainan Tradisional Congklak pada Kelompok B TK
Sabilas Salamah Surabaya.
PAUD Teratai, Vol. 3 No. 1, 1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Putri Hermawati, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., Siwi Utaminingtyas, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.