PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025

PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Zahrotul Fuadah
  • Atika Dwi Evitasari, M.Pd.
  • Siwi Utaminingtyas, M.Pd

Keywords:

Literasi budaya, Media komik digita, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi budaya peserta
didik melalui media komik digital pada peserta didik kelas IV SD Negeri
Winongkidul tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahapan dalam tiap siklusnya yaitu
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, dan tahap
refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di SD Negeri
Winongkidul yang berjumlah 25 peserta didik, dengan peserta didik perempuan
sebanyak 11 orang dan peserta didik laki- laki sebanyak 14 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes literasi budaya dan lembar
observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Indikator keberhasilan ditandai dengan 75% peserta didik yang mengikuti
kegiatan pembelajaran telah memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥ 68). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media komik digital dapat meningkatkan
kemampuan literasi budaya peserta didik kelas IV SD Negeri Winongkidul. Hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes literasi budaya peserta
didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi mengenal lingkungan
sekitar. Pada pra siklus terdapat pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah
73,6. Dari 25 peserta didik yang mencapai KKTP sebanyak 18 peserta didik
(72%). Pada siklus II mengalami peningkatan literasi budaya dengan nilai rata-
rata menjadi 80,00. Dari 25 peserta didik yang telah mencapai KKTP menjadi 21
peserta didik (84%). Peningkatan literasi budaya pada siklus 2 berarti telah
memenuhi indikator keberhasilan 75% dari jumlah peserta didik yang mencapai
KKTP pendidikan Pancasila yang telah ditetapkan yaitu ≥ 68.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo

Negerikaton Pesawaran.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan.

Conference of Elementary

Studies, 23–41. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14908

Kemendikbud. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang

harus-kita-ketahui-dan-miliki

Kurniawan, D., Priharto, D. N., & Lubis, Y. (2023). Pendidikan Pancasila. In Kompas.com.

https://nasional.kompas.com/read/2011/05/06/03075643/Pendidikan-Pancasila

Dihapus?page=2

Makmun. (2021). Komik : Media Komunikasi Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Seni Rupa.

Hal.18-23.

Mulya, W. E. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Pada Materi IPS Sekolah Dasar

Kelas 5. UIN Raden Intan Lampung, 33(1), 1–12.

Nurinayati, F., Sartono, N., & Evriyani, D. (2018). Development of Digital Comic as Learning

Media on Immune System Topic in SMAN 13 Jakarta.

Biosfer,

(2), 47–52.

https://doi.org/10.21009/biosferjpb.7-2.8

Rokhimah, E. D. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Cerita Anak untuk

Meningkatkan Kompetensi Literasi Budaya dan Kewargaan pada Peserta didik Kelas

IV SDN Mrican 1. 7, 18393–18400.

Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik

Digital Pada Pembelajaran IPS Peserta didik Sdn 02 Kelas III Kab. Sambas.

Journal

of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070.

https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology : theory and application to fitness and

performance. McGraw-Hill Education.

Shandy, T. (2017). Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta didik SMP N 2 Banjar

Baru, Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Paedagogi, 3(1), 44–58

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi

Budaya dan Kewargaan Peserta didik SMA se-Kota Banda Aceh.

Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan

Undiksha, 8(2), 91–99.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Zahrotul Fuadah, Atika Dwi Evitasari, M.Pd., & Siwi Utaminingtyas, M.Pd. (2024). PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025: PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/133

Most read articles by the same author(s)