PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025
PENINGKATAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
Literasi budaya, Media komik digita, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi budaya peserta
didik melalui media komik digital pada peserta didik kelas IV SD Negeri
Winongkidul tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahapan dalam tiap siklusnya yaitu
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, dan tahap
refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di SD Negeri
Winongkidul yang berjumlah 25 peserta didik, dengan peserta didik perempuan
sebanyak 11 orang dan peserta didik laki- laki sebanyak 14 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes literasi budaya dan lembar
observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Indikator keberhasilan ditandai dengan 75% peserta didik yang mengikuti
kegiatan pembelajaran telah memenuhi KKTP yang telah ditentukan (≥ 68). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media komik digital dapat meningkatkan
kemampuan literasi budaya peserta didik kelas IV SD Negeri Winongkidul. Hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes literasi budaya peserta
didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi mengenal lingkungan
sekitar. Pada pra siklus terdapat pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah
73,6. Dari 25 peserta didik yang mencapai KKTP sebanyak 18 peserta didik
(72%). Pada siklus II mengalami peningkatan literasi budaya dengan nilai rata-
rata menjadi 80,00. Dari 25 peserta didik yang telah mencapai KKTP menjadi 21
peserta didik (84%). Peningkatan literasi budaya pada siklus 2 berarti telah
memenuhi indikator keberhasilan 75% dari jumlah peserta didik yang mencapai
KKTP pendidikan Pancasila yang telah ditetapkan yaitu ≥ 68.
Downloads
References
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo
Negerikaton Pesawaran.
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan.
Conference of Elementary
Studies, 23–41. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14908
Kemendikbud. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang
harus-kita-ketahui-dan-miliki
Kurniawan, D., Priharto, D. N., & Lubis, Y. (2023). Pendidikan Pancasila. In Kompas.com.
https://nasional.kompas.com/read/2011/05/06/03075643/Pendidikan-Pancasila
Dihapus?page=2
Makmun. (2021). Komik : Media Komunikasi Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Seni Rupa.
Hal.18-23.
Mulya, W. E. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Pada Materi IPS Sekolah Dasar
Kelas 5. UIN Raden Intan Lampung, 33(1), 1–12.
Nurinayati, F., Sartono, N., & Evriyani, D. (2018). Development of Digital Comic as Learning
Media on Immune System Topic in SMAN 13 Jakarta.
Biosfer,
(2), 47–52.
https://doi.org/10.21009/biosferjpb.7-2.8
Rokhimah, E. D. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Cerita Anak untuk
Meningkatkan Kompetensi Literasi Budaya dan Kewargaan pada Peserta didik Kelas
IV SDN Mrican 1. 7, 18393–18400.
Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik
Digital Pada Pembelajaran IPS Peserta didik Sdn 02 Kelas III Kab. Sambas.
Journal
of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070.
https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology : theory and application to fitness and
performance. McGraw-Hill Education.
Shandy, T. (2017). Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta didik SMP N 2 Banjar
Baru, Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Paedagogi, 3(1), 44–58
Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi
Budaya dan Kewargaan Peserta didik SMA se-Kota Banda Aceh.
Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan
Undiksha, 8(2), 91–99.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahrotul Fuadah, Atika Dwi Evitasari, M.Pd., Siwi Utaminingtyas, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.