PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DI KELAS IV SD
PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DI KELAS IV SD
Keywords:
bangun datar, media pembelajaran, pembelajaran matematika, powerpoint interaktifAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya interaksi guru dan peserta didik
dalam proses pembelajaran matematika dikarenakan media yang digunakan guru
belum menarik serta interaktif sehingga peserta didik kesulitan untuk memahami
materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran powerpoint interaktif pada pada materi bangun datar kelas IV SD
yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang
digunakan adalah tipe ADDIE yaitu analysis, design, development,
implementation and evaluation. Penelitian ini dilakukan pada awal semester ganjil
tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian meliputi lembar kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan. Pada proses validasi, media divalidasi oleh 2 orang
dosen (ahli materi dan ahli media). Pada proses kepraktisan, media diuji cobakan
oleh 1 orang guru dan 19 orang peserta didik sedangkan pada proses keefektifan
peserta didik diberikan soal post-test untuk mengetahui kepahaman peserta didik
terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil
cukup valid dengan persentase penilaian 79%, kepraktisan media dinyatakan
praktis dengan persentase 88% dan keefektifan dinyatakan efektif dengan nilai
hasil post-test 79% peserta didik telah tuntas dengan nilai 79. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media dapat digunakan untuk
media pembelajaran.
Downloads
References
Amalia N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SD.
Journal Of
Elementary Education Attadib, 124.
Amalinda, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Unram, 56.
Aqib. (2016). Penelitian Tindakan Kelas.
Rama Widya, 41.
Bahar, H. (2019). Ketuntasan Belajar IPA Melalui Number Head Together pada Kurikulum
Merdeka.
Jurnal Ilmiah PGSD, 4.
Historia, dkk. (2020). Penggunaan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Daring.
Jurnal Ilmiah Sejarah dan Pendidikan, 15-19.
Hobri., dkk. (2022).
Matematika SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar,
Kurikulum, dan Assesment Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi.
Isna. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Motivasi dan
Kemampuan Berfikir Kritis Ssiwa.
Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 3774-3787.
Kriswandani, W. (2013).
Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas
Kristen Satya Wacana.
Mintogoro, A. (2014). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alphabet Berbasis Alat
Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini.
Jurnal DKV Adi Warna, 13.
Moto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.
Jurnal
Of Primary Education, 20-28.
Mutia. (2021). Characteristic Of Chikdern Age Of Basic Education.
FITRAH, 118.
Pambudi. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Melalui Penggunaan Media Powerpoint Interaktif.
Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 124-
Rukmana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif.
Bio Edu, 622.
Santosa. (2022). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Berbantu Powerpoint Interaktif
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9-24.
Setiawan, H. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Augmented Reality Untuk Gerakan
Literasi di SD.
Jurnal Riset dan Konseptual, 146-156.
Sugiyono. (2015).
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Media
Benda Konkreet Pada Siswa SD.
PGSD FIP UNS, 1-4.
Wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.
Jurnal
Istiqra', 2.
Wati, E. (2016).
Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Wiryana, Riksa. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.
Kiprah
Pendidikan, 271-272.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azizah Rohmawati, Novi Trisnani, M.Pd., Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.