Analisa tentang peran guru dalam membimbing kemandirian belajar siswa sekolah dasar melalui Problem Based Learning

Authors

  • Rayna Berliana Nurmalita Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Kemandirian belajar, Problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru dalam membimbing kemandirian belajar siswanya dengan melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh adanya kurangnya pemahahan guru dalam kemandirian belajar siswanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa di SD Negeri Bawukan. Hasil observasi yang sudah dilaksanakan terkait peran guru dalam membimbing kemandirian belajar melalui Problem Based Learning bagi siswa di SD Negeri Bawukan menunjukkan bahwa peran guru sangat berpengaruh dalam proses kemandirian belajar dengan membimbing siswa dalam penyelidikan guna mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, serta dapat melaksanakan percobaan yang berbasis projek untuk mendapatkan penjelasan serta pemecahan masalah disetiap kegiatan belajar mengajar. Guru harus lebih mengembangkan kompetensi untuk mendukung proses kemandirian belajar siswa melalui PBL agar lebih intens guna membentuk dan melatih pola pikir siswa jika dihadapkan oleh berbagai permasalahan di dunia nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri Budiningsih. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.

Damayanti, Ervina, (2004), Psikologi Manajemen.Jakarta, Progres.

Desmita. (2012). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Driyarkara, 1980. Driyarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: YayasanKanisius Duch. (1995). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Psikologi Perkembangan.Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Seti.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668.

Parker, Deborah K. (2006). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta:PT. Prestasi Pustakaraya

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rusman.2011.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada

Siswoyo,D. dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Nurmalita, R. B. (2022). Analisa tentang peran guru dalam membimbing kemandirian belajar siswa sekolah dasar melalui Problem Based Learning. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 9–14. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/6