Model cooperative learning tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar

Authors

  • Afiyah IKIP PGRI Wates
  • YB Jurahman IKIP PGRI Wates
  • Wahyu Murti Utami IKIP PGRI Wates

Keywords:

Cooperative Learning, Team Games Tournament, Hasil Belajar IPS

Abstract

Tujuan penulisan ini membahas tentang model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament, penerapan model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament pada mata pelajaran IPS, hasil belajar IPS menggunakan model Team Games Tournament. Metode penulisan ini menggunakan studi kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data yang relevan (3) pertegas fokus penulisan (4) menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan, menginterpretasikan atau menganalisis data-data dari berbagai bacaan tersebut (5) penyusunan laporan. Sumber data utama dalam penulisan ini meliputi: 5 buku tentang cooperative learning tipe team games tournament, 1 buku tentang hasil belajar, 1 buku tentang pembelajaran IPS, serta 4 skripsi dan 7 jurnal membahas tentang cooperative learning tipe team games tournament, dan hasil belajar IPS peserta didik. Pembelajaran kooperatif mengajarkan peserta didik untuk saling bekerja sama guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif khususnya tipe team games tournament (TGT) peserta didik diajak untuk bermain dan belajar mewakili setiap kelompoknya dalam satu kelompok homogen dengan sebuah pertandingan yang berisi kuis pertanyaan. Dengan adanya permainan akademik dapat menimbulkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan motivasi peserta didik sehingga nantinya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas V khususnya materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus II, dan siklus II ke siklus III sebesar 15% sampai dengan 50% sesuai dengan indikator keberhasilan. Hal ini dapat terjadi karena di dalam model tersebut peserta didik diajak belajar tetapi sambil bermain, sehingga pembelajaran terasa lebih bermakna, dan motivasi belajar peserta didik pun meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamadia Group.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jamal Ma’mur. (2016). Tips Efectif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.

Listiyani, Muh.Chamdani, & Ratna Hidayah. (2020). Penerapan Model TGT berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Peserta Didik Kelas V SDN Bumirejo Tahun 2019/2020. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 8, Nomor 3, 463-469. Diakses dari http://jurnal.uns.ac.id pada 2 September 2020, jam 14.00

Muhammad Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ni Kadek Ayu Sintya Dewi, Made Sulastri, & Dewa Nyoman Sudana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 4 Nomor 1, 1-11. Diakses dari http://ejurnal.undiksha.ac.id pada tanggal 11 September 2020 jam 13.49

Nurul Hidayah Dewi (2011). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Peserta Didik Kelas V SDN 07 Ngringo, Jaten, Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Diakses dari http://digilib.uns.ac.id pada tanggal 5 September 2020, jam 14.21

Rabiatul Khairiah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN Medan Maimun T.A. 2017/2018. Skripsi. Diakses dari http://repository.unisu.ac.id pada tanggal 2 September 2020, jam 20.45

Syahraini Tambak. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Hikmah. Volume 14 Nomor 1, 1-17. Diakses dari http://core.ac.uk pada tanggal 23 September 2020 jam 17.59

Tri Astutik. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2, 1-11. Diakses dari http://jurnalmahasiswaunesa.ac.id pada tanggal 11 September 2020, jam 15.24

Downloads

Published

2021-04-26

How to Cite

Afiyah, Jurahman, Y., & Utami, W. M. (2021). Model cooperative learning tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 17–22. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/3