Penerapan pembelajaran lingkungan pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD 1 Sleman
Keywords:
Multimedia interaktif ceria, Metode belajar, Peduli sesamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran lingkungan di kelas V SD 1 Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara mendeskripsikan penerapan pembelajaran ingkungan. Pengolahan data dilakukan dengan metode analysis kualitatif. Pentingnya penerapan pembelajaran lingkungan di kelas V SD 1 Sleman berguna untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan meningkatkan karakter yang berjiwa sosialisasi yang tinggi. Ada berbagai strategi yang dilakukan oleh guru kelas SD 1 Sleman untuk membantu meningkatkan pembelajaran lingkungan yaitu di antaranya 1) Integrasi pembelajaran berbasis lingkungan dalam pembelajaran; 2) Menerapkan sistem pembelajaran lingkungan di sekolah (3) Meningkatkan kesadaran akan kepedulian siswasiswi kelas V SD 1 Sleman 07 terhadap lingkungan hidup (4) Apa sajakah hambatan dalam menjalankan sistem pembelajaran lingkungan di kelas. Penerapan pembelajaran lingkungan di kelas bertujuan agar siswa lebih peduli dan menjaga lingkungan. Kemajuan teknologi memberikan dampak yang sangat besar pada tatanan kehidupan masyarakat. Salah satunya yaitu pendidikan. Adanya handphone membuat anak anak zaman sekarang menjadi kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi peran orang tua, guru serta lingkungan masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepedulian anak-anak pada lingkungan.
Downloads
References
Aza Nuralita. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–8.
Muttaqin, M. F., & Hariyadi, S. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Masyarakat Pada Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3302
Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 272–281. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/570
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rismiwidarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.