Implementasi model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar

Authors

  • Evita Ayu Astrya IKIP PGRI Wates
  • Wagiman IKIP PGRI Wates
  • Yuliatun IKIP PGRI Wates

Keywords:

Implementasi CTL, Hasil belajar

Abstract

Hasil belajar IPA di Sekolah Dasar rendah karena materi terlalu banyak, sulit dipahami, peserta didik kurang aktif, selain itu model pembelajaran kurang bervariatif. Maka penulisan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode penulisan ini menggunakan Library Research dengan langkah-langkah: pemilihan topik; eksplorasi informasi, menentukan fokus penulisan, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data dan penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian terdahulu dan buku. Model CTL adalah suatu konsep belajar yang dapat memotivasi dan membantu peserta didik untuk mampu mengkaitkan antara materi yang dipelajari dengan kegiatan yang terjadi sekelilingnya. Model CTL sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah dapat membantu hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik peningkatan pengetahuan, perbaikan sikap, maupun peningkatan keterampilan yang dialami peserta didik setelah menyelesaikan kegiatan belajar. Dengan model CTL dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam belajar salah satunya mata pelajaran IPA. IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematis, dan dalam penggunaannya terbatas pada gejala-gejala alam. Berdasarkan hasil analisis penelitian terdahulu diketahui bahwa implementasi model CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada mata IPA di Sekolah Dasar yaitu dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Cecilia Munzenmaier & Nancy Rubin. 2013. Perspectives Bloom’s Taxonomy:What’s Old Is New Again. Santa Rosa: The Learning Guild.

& Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pemebelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Idhil Maulana Ilham. 2016. Pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD Negeri Bontojai Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Jumanta Hamdayana. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Silabus kelas IV Sekolah Dasar SMT II

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yuyun Mulyana. 2015. Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Lembang Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Dea Handini, Diah Gusrayani, & Regina Lichteria Panjaitan. (2016). Penerapan model Contextual Teaching and Learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1), 151-460. Diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974. Diunduh tanggal 3 Maret 2020.

Muhammad Hakiki, Menrisal, & Popi Radyuli. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1 (2), 1-17. Diperoleh dari http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/62. Diunduh tanggal 19 Maret 2021.

Siti johariyah. (2009). Urgensi Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Al-Bidayah. 1 (2), 199-211. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/284629-urgensi-pembelajaran-dengan-pendekatan-k-39e4baa1.pdf. Diunduh tanggal 6 Maret 2020.

Jeki Sepriady. (2018). Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran sejarah. Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah 2 (2), 100-110. Diperoleh dari https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Kalpa/article/view/1603. Diunduh tanggal 20 Februari 2021.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Ayu Astrya, E., Wagiman, & Yuliatun. (2021). Implementasi model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 37–46. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/32