39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR

39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR

Authors

  • Isna Pangestuti
  • Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si.
  • Dr. Faridl Musyadad, M.Pd

Keywords:

Pendidikan Lingkungan Hidup, Sikap Peduli Lingkungan, Peserta Didik Kelas V

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan sikap peduli
lingkungan peserta didik kelas V SD Negeri Kalimenur, yaitu peserta didik telah
membuang sampah pada tempatnya namun masih sering keliru dalam memilah
jenis sampah, seperti mencampur sampah plastik di tempat sampah organik.
Selain itu, dalam kegiatan Jumat bersih ada beberapa peserta didik kurang fokus
dan sering bercanda, sehingga membutuhkan bimbingan guru. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi praktik baik Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan
peserta didik kelas V SD Negeri Kalimenur. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SD Negeri Kalimenur,
Sentolo, Kulon Progo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas V
dan informan pendukung yaitu guru kelas V, guru adwiyata, dan kepala sekolah.
Teknik analisis dan interpretasi data menggunakan 4 tahapan menurut Miles &
Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, dengan triangulasi metode dan teori. Berdasarkan hasil penelitian,
implementasi praktik baik PLH diwujudkan dengan adanya pengintegrasian PLH
kedalam mata anceran IPA di kelas V. Adanya kegiatan Aksi Peduli
Lingkungan (ADIL), Sepuluh Menit Melihat Lingkungan (SELINGAN), membuat
eco enzyme, membuat kompos, membuat lilin aroma, mengolah sampah daur
ulang, Jumat bersih, dan adanya peraturan peserta didik membawa bekal dari
rumah. Sedangkan sikap peduli lingkungan yang tumbuh di peserta didik kelas V
yaitu mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah yang mencerminkan sikap peduli
lingkungan, melaksanakan piket secara rutin, membuang sampah pada
tempatnya, menjaga kebersihan toilet, dan merawat tanaman. Saran yang dapat
diberikan untuk sekolah yaitu sekolah dapat mengadakan kegiatan peduli
lingkungan secara rutin tanpa mengganggu jam belajar, sehingga kegiatan dapat
berjalan ancer dan berkelanjutan, serta meningkatkan partisipasi serta inovasi
dalam kepedulian lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

(Isna Pangestuti, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.)

Menjual produk olahan limbah seperti

eco enzyme dan lilin aroma ke orang tua/wali

peserta didik

Mengajukan proposal ke alumni sekolah

Studi banding ke sekolah lain yang sudah Adiwiyata

Menambah MOU atau kerja sama dengan pihak lain untuk mendukung Sekolah

Adiwiyata

Memasukkan program Adiwiyata ke program sekolah seperti di kurikulum, ARKAS, dan

pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto & Agung Supriatin. (2013).

Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup.

Yogyakarta: Gava Media

Daryanto & Darmiatun. (2013).

Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava

Media

Detik Jatim. (2024, 1 Februari). 334

Warga Surabaya Didenda gegara Buang Sampah

Sembarangan. Diakses pada tanggal 1 April 2024, dari

https://www.detik.com/jatim/berita/d 7171472/334 warga-surabaya didenda-

gegara-buang-sampah sembarangan

Gunawan & Guslinda. (2019). Analisis Sikap Perduli Lingkungan Siswa SDNegeri 184

Pekanbaru.

Jurnal Primary Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2), 139-147

Heri Gunawan. (2014).

Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Kompas. (2024, 24 Mei).

Separuh Hutan Mangrove di Dunia Terancam Rusak karena

Ulah Manusia. Diakses pada 30 September 2024, dari

https://lestari.kompas.com/read/2024/05/24/150000286/separuh-hutan mangrove-

di-dunia-terancam-rusak-karena-ulah-manusia

La Ode Angga. (2023).

Pendidikan Lingkungan Hidup. Bandung: Widina Bhakti Persada

Masnur Muslich. (2011).

Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mery Unawekla. (2023). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam

Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa MIN 2 Probolinggo.

Jurnal An Naba

(1), 29-40. https://doi.org/10.51614/annaba.v6i1.192

Miles & Huberman. (1992).

Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode

Baru. Jakarta: UIP.

Pande Made. (2014).

Membangun Masyarakat Indonesia Peduli Lingkungan.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Pratomo. (2009). Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar 11(1) 181-186

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Isna Pangestuti, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., & Dr. Faridl Musyadad, M.Pd. (2024). 39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR: 39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/107