39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR
39 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIMENUR
Keywords:
Pendidikan Lingkungan Hidup, Sikap Peduli Lingkungan, Peserta Didik Kelas VAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan sikap peduli
lingkungan peserta didik kelas V SD Negeri Kalimenur, yaitu peserta didik telah
membuang sampah pada tempatnya namun masih sering keliru dalam memilah
jenis sampah, seperti mencampur sampah plastik di tempat sampah organik.
Selain itu, dalam kegiatan Jumat bersih ada beberapa peserta didik kurang fokus
dan sering bercanda, sehingga membutuhkan bimbingan guru. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi praktik baik Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan
peserta didik kelas V SD Negeri Kalimenur. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SD Negeri Kalimenur,
Sentolo, Kulon Progo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas V
dan informan pendukung yaitu guru kelas V, guru adwiyata, dan kepala sekolah.
Teknik analisis dan interpretasi data menggunakan 4 tahapan menurut Miles &
Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, dengan triangulasi metode dan teori. Berdasarkan hasil penelitian,
implementasi praktik baik PLH diwujudkan dengan adanya pengintegrasian PLH
kedalam mata anceran IPA di kelas V. Adanya kegiatan Aksi Peduli
Lingkungan (ADIL), Sepuluh Menit Melihat Lingkungan (SELINGAN), membuat
eco enzyme, membuat kompos, membuat lilin aroma, mengolah sampah daur
ulang, Jumat bersih, dan adanya peraturan peserta didik membawa bekal dari
rumah. Sedangkan sikap peduli lingkungan yang tumbuh di peserta didik kelas V
yaitu mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah yang mencerminkan sikap peduli
lingkungan, melaksanakan piket secara rutin, membuang sampah pada
tempatnya, menjaga kebersihan toilet, dan merawat tanaman. Saran yang dapat
diberikan untuk sekolah yaitu sekolah dapat mengadakan kegiatan peduli
lingkungan secara rutin tanpa mengganggu jam belajar, sehingga kegiatan dapat
berjalan ancer dan berkelanjutan, serta meningkatkan partisipasi serta inovasi
dalam kepedulian lingkungan.
Downloads
References
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
(Isna Pangestuti, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.)
Menjual produk olahan limbah seperti
eco enzyme dan lilin aroma ke orang tua/wali
peserta didik
Mengajukan proposal ke alumni sekolah
Studi banding ke sekolah lain yang sudah Adiwiyata
Menambah MOU atau kerja sama dengan pihak lain untuk mendukung Sekolah
Adiwiyata
Memasukkan program Adiwiyata ke program sekolah seperti di kurikulum, ARKAS, dan
pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto & Agung Supriatin. (2013).
Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup.
Yogyakarta: Gava Media
Daryanto & Darmiatun. (2013).
Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava
Media
Detik Jatim. (2024, 1 Februari). 334
Warga Surabaya Didenda gegara Buang Sampah
Sembarangan. Diakses pada tanggal 1 April 2024, dari
https://www.detik.com/jatim/berita/d 7171472/334 warga-surabaya didenda-
gegara-buang-sampah sembarangan
Gunawan & Guslinda. (2019). Analisis Sikap Perduli Lingkungan Siswa SDNegeri 184
Pekanbaru.
Jurnal Primary Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2), 139-147
Heri Gunawan. (2014).
Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Kompas. (2024, 24 Mei).
Separuh Hutan Mangrove di Dunia Terancam Rusak karena
Ulah Manusia. Diakses pada 30 September 2024, dari
https://lestari.kompas.com/read/2024/05/24/150000286/separuh-hutan mangrove-
di-dunia-terancam-rusak-karena-ulah-manusia
La Ode Angga. (2023).
Pendidikan Lingkungan Hidup. Bandung: Widina Bhakti Persada
Masnur Muslich. (2011).
Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mery Unawekla. (2023). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa MIN 2 Probolinggo.
Jurnal An Naba
(1), 29-40. https://doi.org/10.51614/annaba.v6i1.192
Miles & Huberman. (1992).
Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode
Baru. Jakarta: UIP.
Pande Made. (2014).
Membangun Masyarakat Indonesia Peduli Lingkungan.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Pratomo. (2009). Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar 11(1) 181-186
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isna Pangestuti, Drs. Geyol Sugiyanta, M.Si., Dr. Faridl Musyadad, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.