Profesionalime guru dan kecerdasan emosional peserta didik serta pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas rendah di sekolah dasar

Authors

  • Yuliatun IKIP PGRI Wates
  • Annisa Tustianti IKIP PGRI Wates

Keywords:

Profesionalisme guru, Kecerdasan emosional, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (libraray research). Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 1). Pemilihan topik  2).  Eksplorasi informasi3). Menentukan fokus penelitian 4). pengumpulan sumber data 5). persiapan penyajian data  6). Penyusunan laporan. Sumber data diperoleh dari buku, jurnal dan penelitian terdahulu. Profesionalisme guru merupakan kemampuan guru dalam menjiwai profesinya, sebagai guru harus bisa menjiwai profesinya agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar. Guru yang profesional sangat menentukan keberhasilan peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang optimal. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola perasaannya, baik diri sendiri maupun orang lain serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional dapat mengendalikan dirinya dengan baik dalam mengikuti proses pembelajaran dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk belajar Dengan demikian anak yang cerdas emosinya mampu meningkatkan hasil belajarnya terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis dari teori-teori dan penelitian terdahulu yang relevan dapat disimpulkan bahwa profesionalime guru dan kecerdasan emosional peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas rendah di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N dan Hakim, L. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1).

Ananta, M.J. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Ketawanggede Malang. (Skripsi). Malang. Fakultas Psikologi. Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang

Anugraheni, I. (2017) Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar GuruGuru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 ( 2)

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Jurnal of Primary Education, 1(1)

Dewa, I. I. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Performansi Pemusik Tradisional. (Skripsi). Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma

Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidanah, I. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV Sd. (Skripsi).

Iman, S. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Sikap Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Depok Sleman. (Skripsi). Sleman. Univesitas Negeri Yogyakarta

Jumardi. (2020). Workhsop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Kompetensi Membuat Media Pembelajaran IPS. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (2).

Kartina. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Tampan Pekanbaru. (Skripsi). Universitas Riau

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Pesada.

Lukman, dkk. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar PKN Siswa SMA Negri Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Darma Agung,29 (1)

Maharani, A. (2014). Mengenal Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal ELTA, 2, (1).

Mulyana, E. H. (2010). Guru Berkualitas Profesional dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru,1(2)

Nurmayani. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Keterampulan Bahasa Indonesia Murid Kelas IV SDN No. 160 Inpres

Bontolebang Kecamatan Polombangkekeng Selatan Kabupaten Takalar.

(Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makasar

Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru SD/MI. Jurnal Lentera Pendidikan, 20 (2)

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal Mudarrisuna, 8 (2), 328-346

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Yuliatun, & Tustianti, A. (2022). Profesionalime guru dan kecerdasan emosional peserta didik serta pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas rendah di sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 55–63. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/40