Penggunaan model inquiry learning dan pengaruhnya pada sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar

Authors

  • Wahyu Nurhidayah IKIP PGRI Wates
  • Wagiman IKIP PGRI Wates
  • Atika Dwi Evitasari IKIP PGRI Wates

Keywords:

inquiry learning, Sikap ilmiah, Hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu model inquiry learning (variabel bebas), dan sikap ilmiah (variabel terikat) serta hasil belajar IPA (variabel terikat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model inquiry learning berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data yang relevan (3) menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan (4) menganalisis data-data dari berbagai bacaan tersebut (5) penyusunan laporan. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku-buku, skripsi dan jurnal dari penelitian terhadulu. Model inquiry learning adalah adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis, sehingga peserta didik dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Langkah dari model inquiry learning antara lain (1) orientasi (2) merumuskan masalah (3) mengajukan hipotesis (4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) merumuskan kesimpulan. Sikap ilmiah adalah perilaku seseorang yang muncul karena adanya rangsangan berupa sikap baik yang dilandasi oleh pengalaman yang ada sehingga menjadikan seseorang tersebut lebih peka terhadap lingkungan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku peserta didik baik dalam sikap maupun tingkah lakunya setelah peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran IPA dan memperoleh pengalaman sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan model inquiry learning memberi pengaruh positif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Supatmo. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saitifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Kartu Bergambar Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Terpadu Materi Sistem Peredaran Darah Siswa di SMP N 3 KENDAL. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo. https://core.ac.uk/download/pdf/162195985.pdf

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery.

Nurhidayaturrohman, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Tesis. Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/26893/

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyowati, D., Putri, S.U., Sumiati, T. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. (Vol 11 No 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3784

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Tunisa, F.R., Kokasih., & Hamdu, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Penelitian Terhadap Sikap Ilmiah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(2), 149-157. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7141

Umroh, D., & Fauziah, A.N.M. (2018). Keefektifan Lembar Kerja Siswa IPA (Vol 06 No 02 Tahun 2018) SMP Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Pengukuran. E-journal-pensa, 128-132.

Wahyudi & S. Khanafiyah. (2009). Pemanfaatan KIT Optik Sebagai Wahana Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Vol 5 Tahun 2009), 113-118. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=pemanfaatan+KIT+optik+sebagai+wahana+dalam+meningkatkan+sikap+ilmiah&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p#%3DgPCVBTH86nIJ

Widani, N.K.T, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of education technology. 3(1), 15-21.

Widiana, I.W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol 5 tahun 2), 147-157. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8154

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Nurhidayah, W., Wagiman, & Dwi Evitasari, A. (2021). Penggunaan model inquiry learning dan pengaruhnya pada sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 47–54. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/33