Implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngentakrejo

Authors

  • Sartika Sartika Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Mind mapping, Hasil belajar, Bahasa indonesia

Abstract

Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui cara penerapan penggunaan Mind Mapping  untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tentang Manusia dan Lingkungan Semester I Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SDN Ngentakrejo dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa khususnya tentang bagian organ gerak hewan dan manusia. Non tes berupa hasil observasi pelaksanaan penggunaan Mind Mapping, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, khususnya tentang bagian manusia dan lingkungan, dengan menggunakan Mind Mapping. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada siklus I yaitu 59% siswa yang mencapai KKM, meningkat pada siklus II mencapai 100% siswa yang tuntas. Implikasi dari penelitian ini bahwa penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Manusia dan Lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Amti, P. E. (2007). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. . (2012). The Ultimate Book of Mind Maps. Sydney: Harper Collins Publishers (Australia) Pty.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hendra Surya. (2003). Kita Mengajak Anak Belajar Dan Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komptindo.

Lerner.2006.Meningkatkan Efektivitas Belajar. Jakarta : Pustaka Jaya.

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara. Pengertian Mind Mapping: Manfaat, Jenis, Teori dan Langkah Membuatnya. (n.d.).

Retrieved April 11, 2022, from https://www.gramedia.com/bestseller/pengertian-mind-mapping/

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Siregar, N. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Susanto. (2006). Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Pres.

Widyamartaya. (2008). Pengertian Menulis . Bandung :Depdikbud.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sartika, S. (2022). Implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngentakrejo. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 15–19. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/7