HOMESCHOOLING: ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KEKERASAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
homeschooling, kekerasan anak, sekolah dasarAbstract
Kekerasan di sekolah dasar merupakan masalah serius yang dapat
mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak. Salah satu
alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan
homeschooling. Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran
homeschooling sebagai solusi untuk mengurangi dan mencegah
kekerasan di kalangan peserta didik sekolah dasar. Metode literature
review digunakan untuk memperoleh informasi terkait peran
homeschooling sebagai salah satu solusi untuk mengurangi dan
mencegah kekerasan di kalangan peserta didik sekolah dasar. Hasil
penulisan menunjukkan bahwa homeschooling dapat menciptakan
lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung, serta
memungkinkan penyesuaian kurikulum sesuai kebutuhan individu anak.
Selain itu, homeschooling juga memungkinkan orang tua untuk lebih
terlibat dalam proses pendidikan anak, sehingga dapat memantau dan
mengarahkan perkembangan anak secara lebih efektif. Meskipun
demikian, tantangan seperti kurangnya sosialisasi dan kebutuhan
sumber daya yang memadai perlu diperhatikan. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa homeschooling merupakan alternatif yang
potensial dalam menangani masalah kekerasan di sekolah dasar, namun
perlu didukung dengan kebijakan dan program yang komprehensif untuk
memastikan keberhasilannya
Downloads
References
Afiat, Z. (2019). Homeschooling; Pendidikan Alternatif Di Indonesia. Visipena, 10(1),
–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.490
Akrim. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal
Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1–10). https://doi.org/DOI:
http://dx.doi.org/10.30596%2Fjam.v6i1.5224
Ariefianto, L. (2017). Homeschooling : Persepsi, Latar Belakang dan
Problematikanya(Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling
Kabupaten Jember)(Homeschooling : Perception, Background and
Problematic (Case Study inStudent Homeschooling District of Jember)).
JURNAL EDUKASI, IV(2), 21–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/
19184/jukasi.v4i2.5205
Asbar, A. M. (2022). Menakar Eksistensi Homeschooling Sebagai Model Pendidikan
Alternatif. Journal of Applied Transintegration Paradigm, 2(02), 35–48.
https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jatp
Engchun, R., Sungtong, E., & Haruthaithanasan, T. (2018). Homeschooling in
Southern Thailand: Status and proposed guidelines for learning process
management. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 502–508. https://
doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.kjss.2017.08.003
Fakiha, I., & Ahmadi, A. K. (2020). Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Di
Era Modern. Jurnal Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial,
( 2 ) , 2 3 – 3 3 . h t t p s : / / d o i . o r g / D O I : h t t p s : / / d o i . o r g / 1 0 . 5 1 7 4 7 /
publicio.v2i2.602
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Admin OJS IPW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.