Analisis peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa transisi

Authors

  • Dewi Nurjanah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Peran orang tua, Masa transisi, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada masa transisi setelah pandemi Covid-19 dan mengetahui permasalahan yang terjadi ketika pembelajaran dilakukan secara daring kemudian luring. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dimana peneliti bertindak sebagai observer untuk mendapatkan data hasil penelitian. Data diperoleh menggunakan 2 teknik yakni observasi dan wawancara. Sample dalam penelitian ini Kepala Sekolah, guru kelas VI, dan siswa kelas VI SD Negeri Ngrukeman. Sistem pembelajaran di SD Negeri Ngrukeman di sesuaikan dengan level zona daerah, saat ini kegiatan pembelajaran di lakukan secara daring 50% dan luring 50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring dan luring meskipun belum maksimal. Berdasarkan data kuesioner yang diisikan oleh siswa kelas VIA dan VIB, orang tua selalu mendampingi siswa belajar di rumah, memberikan fasilitas belajar, dan memenuhi kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, J, Jarwati, SPK, & Restanti, DK (2021). Pembelajaran Luring. books.google.com.

Ambarwati, W. (2018). Influence of parents attention, emotional intelligence and learning motivation to learning outcomes. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 72-81.

Astari, M., & Ramadan, Z. H.. (2022). Pese[si Orang Tua Terhadap Pembelajaran Dari ng di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 230-241.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.

Bahari, A. Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT Rieneka Cipta

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79-88.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dinata, K. B. (2022). Refleksi Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kotabumi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 240–249.

Haryati, D. P. (2022). Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Anak Sekolah Dasar Kelas III di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Kalangan Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul.

Hotimah, N., & Yanto, Y. (201ss9). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 85-93.

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.

Listyanto, A. D. (2014). Motivasi Orang Tua Memberikan Fasilitas Smartphone Pada Anak Usia 5–12 Tahun (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Mahfud, I., & Gumantan, A. (2020). Survey of student anxiety levels during the covid-19 pandemic. Jp. Jok: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 86-97.

Nasrah, N. , & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Ppada Masa Pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207-213.

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020, October). Efektivitas penggunaan whatsapp group selama pandemi covid-19 bagi pelaku pendidik. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Trisnani, N. (2020). Tingkat Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1921

Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran Orang Tua dalam mengatasi Kejenuhan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97–106. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3190

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Nurjanah, D., & Purnomo, H. (2022). Analisis peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa transisi. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1–8. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/5