UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Alyafianda Destya Kova Hamida
  • Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd.
  • Ratri Shinta Wardhani, M.Pd.

Keywords:

Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode PQ4R, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
peserta didik kelas IV di SD Negeri Kepek pada pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan menerapkan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review
(PQ4R). Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat langkah
utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kepek yang berjumlah 29 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi.
Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan aktivitas pembelajaran. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PQ4R dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Kepek. Hal
ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I dengan presentase ketuntasan yaitu
57,1% sedangkan pada siklus II ketuntasan peserta didik meningkat menjadi
79,3%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012).

Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2022). Analisis Kemampuan Membaca

Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(4),

–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Frans, S. A., Widjaya, Y. A. & Ani, Y. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

Sekolah Dasar.

Journal of Theology and Christian Education,

(1), 54–68.

Gunarwati, R., Hamdani Maula, L., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca

Pemahaman Berbasis Daring pada Siswa Sekolah Dasar.

Journal of Primary and

Children’s Education,

(2), 18–27.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.

Didaktika,

(1), 1–

Hidayat. (2012).

Pembelajaran Bahasa Indonesia perlu membimbing peserta didik untuk

memahami diri mereka sendiri,. UPI PRESS.

Khair, U. (2018).

Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Institut Agama Islam Curup.

Prasetyaningrum, A. (2021). Application Of Preview, Question, Read, Reflect,

Recite, Review (PQ4R) Methods To Improve Reading Skills.

Kalam Cendekia: Jurnal

Ilmiah Kependidikan,

(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53785

Rafni & Herawati. (2022). Strategi High Five Dalam Membaca Pemahaman.

Journal of

Education Science (JES),

(2), 324–330.

Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman

dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa

Sekolah Dasar Kelas Tinggi.

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(2), 46–56.

Resmini, N. (2006).

Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. UPI PRESS. Riani,

N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kemampuan

Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Jatisari Kecamatan

Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021.

Kalam Cendekia: Jurnal

Ilmiah Kependidikan,

(2), 569–575.

Sari, M. I., Astuti, H. W., Lubis, I. H., & Hutagalung, T. (2020). Peningkatan Kemampuan

Membaca Pemahaman Dengan Strategi Questioning Siswa Kelas VII Mts.

Laboratorium Uin-Su.

Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran,

(1), 48–59.

Yulianti, L. Eva., Wirya, I. N., & Arini, N. W. (2013).

Penerapan Metode PQ4R Preview,

Question, Read, Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di

SD.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Alyafianda Destya Kova Hamida, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., & Ratri Shinta Wardhani, M.Pd. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1). Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/112

Most read articles by the same author(s)