UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI KEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode PQ4R, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
peserta didik kelas IV di SD Negeri Kepek pada pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan menerapkan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review
(PQ4R). Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat langkah
utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kepek yang berjumlah 29 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi.
Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan aktivitas pembelajaran. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PQ4R dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Kepek. Hal
ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I dengan presentase ketuntasan yaitu
57,1% sedangkan pada siklus II ketuntasan peserta didik meningkat menjadi
79,3%
Downloads
References
Abidin, Y. (2012).
Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2022). Analisis Kemampuan Membaca
Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
(4),
–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Frans, S. A., Widjaya, Y. A. & Ani, Y. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
Sekolah Dasar.
Journal of Theology and Christian Education,
(1), 54–68.
Gunarwati, R., Hamdani Maula, L., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca
Pemahaman Berbasis Daring pada Siswa Sekolah Dasar.
Journal of Primary and
Children’s Education,
(2), 18–27.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.
Didaktika,
(1), 1–
Hidayat. (2012).
Pembelajaran Bahasa Indonesia perlu membimbing peserta didik untuk
memahami diri mereka sendiri,. UPI PRESS.
Khair, U. (2018).
Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Institut Agama Islam Curup.
Prasetyaningrum, A. (2021). Application Of Preview, Question, Read, Reflect,
Recite, Review (PQ4R) Methods To Improve Reading Skills.
Kalam Cendekia: Jurnal
Ilmiah Kependidikan,
(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53785
Rafni & Herawati. (2022). Strategi High Five Dalam Membaca Pemahaman.
Journal of
Education Science (JES),
(2), 324–330.
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman
dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa
Sekolah Dasar Kelas Tinggi.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(2), 46–56.
Resmini, N. (2006).
Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. UPI PRESS. Riani,
N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kemampuan
Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Jatisari Kecamatan
Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021.
Kalam Cendekia: Jurnal
Ilmiah Kependidikan,
(2), 569–575.
Sari, M. I., Astuti, H. W., Lubis, I. H., & Hutagalung, T. (2020). Peningkatan Kemampuan
Membaca Pemahaman Dengan Strategi Questioning Siswa Kelas VII Mts.
Laboratorium Uin-Su.
Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran,
(1), 48–59.
Yulianti, L. Eva., Wirya, I. N., & Arini, N. W. (2013).
Penerapan Metode PQ4R Preview,
Question, Read, Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di
SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alyafianda Destya Kova Hamida, Dr. Drs. YB. Jurahman, M.Pd., Ratri Shinta Wardhani, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.