Peningkatan kemampuan pemahaman berhitung perkalian dengan media smart candy box

Authors

  • Risa Ratnasari IKIP PGRI Wates Yogyakarta
  • YB Jurahman IKIP PGRI Wates
  • Novy Trisnani IKIP PGRI Wates

Keywords:

Smart Candy Box, Kemampuan Pemahaman Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan media Smart Candy Box Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 2 Mekarsari Kutowinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2022/2023.Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas II. Media penelitian yang digunakan berupa media pembelajaran Smart Candy Box. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan yaitu soal tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan isian serta lembar observasi hasil belajar psikomotor dan lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berhitung yang dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 2 Mekarsari Kutowinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini ditandai dengan perhitungan awal evaluasi siklus I pertemuan I sebanyak 23 siswa yang mengikuti pembelajaran tuntas hanya 45%, dan masih cukup jauh dari target 75%. Kemudian melanjutkan pertemuan II tuntas sebanyak 62,5% , dan masih belum mencapai target 75%. Pada sikulus I ada peningkatan sebanyak 17,5 persen. Kemudian peneliti melaksanakan Penelitian ke siklus II penguatan dinyatakan tuntas 91,66 dan 8,34% belum tuntas. Dengan demikian terbukti bahwa terdapat peningkatan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alin & Mahmudi. (2015) Keefektifan experiental learning pembelajaran matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 (2) 2015. Diakses pada 29 Mei 2022 http://jurnal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index

Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian : Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasibuan. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Peluang, Volume 4, Nomor 1, Oktober 2015. Diakses pada 23 November 2022 http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5853

Ibrahim dan Nana Syaodih. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta Isnaeni & Hildayah. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi

Belajar Siswa, jurnal syntax transformation volume 1 No. 5 Juli 2020 https://www.neliti.com/id/publications/330005/media-pembelajaran-dalam- pembentukan-interaksi-belajar-siswa

Kamarullah (2017) Pendidikan matematika di sekolah kita. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran matematika Al-Khawarizmi, volume 1, no. 1. Diakses pada 29 Mei 2022 https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/vew/1729&ved

Karso dkk. (2014) Pendidikan matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Krissantono, W. (2013) Pemanfaatan Media pembelajaran Meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDN 03 Kelampai. Diakses pada

November 2022

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/2971/2916.

Kurniawati, NL. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian, Jurnal Tindakan Kelas Vol.2 No. 2. Diakses pada 13 November 2022 https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52

Mualaimin. (2014) Penelitian Tindakan Kelas (teori dan Praktik). Yogyakarta: Ganding Pustaka

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education,Jurnal Fitrah, volume 3 no.1 2021. Diakses pada 23 November 2022 https://journal.ar- raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/download/1330/658/

Nassarudin. (2013) Karakteristik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekola.

Jurnal Al-Khawarizmi, volume 2. Diakses pada 29 Mei 2022

https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al- khawarizmi/article/download/93/79&ved

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal

Kependidikan, Vol. 1 No. 1. Diakses pada 24 November 2022

https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika, Jurnal Al-Khawarizmi, volume 2, Oktober 2013 diakses pada 24 November 2022

https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88 Sobur, A. K. (2010). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Sukmawati. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis, jurnal PAUD Agapedia volume 5, no. 2 November 2021. Diakses pada 10 November 2022 https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40924

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Ratnasari, R., Jurahman, Y., & Trisnani, N. (2023). Peningkatan kemampuan pemahaman berhitung perkalian dengan media smart candy box. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 6–13. Retrieved from https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/15