PENANAMAN NILAI NASIONALISME DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIKEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024
PENANAMAN NILAI NASIONALISME DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KALIKEPEK TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Nilai Nasionalisme, Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini terdiri dari tiga topik yaitu Nilai Nasionalisme, pendidikan karakter
dalam pendidikan Pancasila dan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah pengaruh dari nilai nasionalisme terhadap pendidikan
karakter pada pelajaran pendidikan Pancasila di kurikulum merdeka di Sekolah
Dasar Negeri Kalikepek, Giripeni, Wates, Kulon Progo, DIY. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah
peserta didik dan guru kelas V di SD N Kalikepek, sedangkan obyeknya adalah
nilai nasionalisme, pendidikan karakter pada pendidikan Pancasila, dan
kurikulum merdeka. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
triangulasi data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyampaian
data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pelaksanaan nilai nasionalisme dilaksanakan diluar dan didalam
pembelajaran, bentuk-bentuk pendidikan karakter yaitu melalui upacara bendera
hari senin dan hari-hari besar, piket kelas, ekstrakurikuler pramuka, kantin
kejujuran, dan jum’at bersih, dan penanaman nilai nasionalisme pada mata
pelajaran pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Kalikepek, dengan penerapan
sikap displin, tanggung jawab, jujur, peduli lingkungan, toleransi, cinta damai, dan
peduli sosial.
Downloads
References
Aiman, Ummu. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn
dengan Metode Pembelajaran
Cooperative Learning Model
Picture and Picture di
MIN 2 Sleman.
Jurnal Pendidikan Madrasah, 159- 168.
Aman. (2018).
Nasionalisme dan Revolusi: Pengalaman Indonesia.
Ardiyanti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam
Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan,
-407.
Asyari, Daniar, & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi
Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi.
Jurnal
Pendidikan dan Konseling, Vol. 3,No. 2, 30-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Norin Erissandy, Dr. Sumpana, M.Pd., Dr. Faridl Musyadad, M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.