PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Keywords:
Peran guru, Kemandirian Belajar SiswaAbstract
Makalah ini bertujuan untuk membahas peran guru dalam meningkatkan
kemandirian belajar siswa dan strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk
mengembangkan kemandirian belajar siswa di sekolah. Peran guru dalam
meningkatkan kemandirian belajar siswa sangat dibutuhkan dalam pembelajaran.
Kemandirian merupakan keadaan untuk dapat berdiri sendiri tanpa bergantung
pada orang lain, berarti kesanggupan berfungsi sebagai manusia yang mandiri
harus dimulai dari kemauan untuk dapat berdiri sendiri dan tidak tergantung pada
orang lain. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk
memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai
hasil dari pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Kemandirian
belajar adalah kemampuan siswa untuk mengelola proses belajar secara aktif,
inisiatif, dan bertanggung jawab tanpa terlalu bergantung pada orang lain. Peran
guru dalam meningkatkan kemandirian belajar yaitu diantaranya guru sebagai
motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai
pemberi umpan balik atau feedback. Strategi yang dapat diterapkan oleh guru
untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa meliputi mendorong belajar aktif
dan kolaboratif, pemberian tugas mandiri, penilaian diri dan refleksi, serta
pemberian bimbingan dalam pengaturan waktu belajar.Dengan demikian, peran
guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa bukan hanya relevan, tetapi
juga menjadi kunci keberhasilan pendidikan dalam menciptakan generasi yang
mandiri, adaptif, dan kompetitif di masa depan.Guru diharapkan dapat terus
meningkatkan mutu dan kreativitas dalam meningkatkan kemandirian belajar
siswa.
Downloads
References
Hall, J. A. (2011).
Ethics in the Professions. Wadsworth Publishing.
Mudjiman, Haris. (2007).
Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta: LPP UNS dan
UNS Press.
Nurhayati, Eti. (2011).
Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Santrock, J. W. (2011).
Educational Psychology (5th ed). McGraw-Hill.
Sardiman A.M. (2012).
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Perencanaan dan Desain Pengajaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Supriyanto,H. (2009).
Profesionalisme Guru: Menjadi Guru yang Kompeten dan Bermartabat.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratna Dela Wati, Drs. Wagiman M.Pd., Dra. Wahyu Murti Utami, M.Pd.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.