HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KONTROL DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR
Keywords:
Efikasi Diri, Kontrol Diri, Kemandirian Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan
control diri dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Kokap
Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII
SMP N 2 Kokap Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik
pengambilan sampel dengan cara Non Random Sampling yaitu dengan
sampling jenuh, karena semua anggota populasi digunakan sebagai
sampel. Sampel penelitian berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket. Hasil uji validitas angket dilaksanakan
dengan responden 30 siswa. Angket efikasi diri dengan jumlah 26 soal
semuanya dinyatakan valid karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,349).
Reliabilitas angket 0,952 dan termasuk kategori sangat tinggi. Angket
kontrol diri dengan jumlah 24 soal semuanya dinyatakan valid karena r
hitung lebih besar dari r tabel. Reliabilitas angket yaitu 0,958 termasuk
dalam kategori sangat tinggi. Angket kemandirian belajar dengan jumlah 24
soal terdapat 1 soal yang tidak valid yaitu nomor 21 (0,328) karena r hitung
kurang dari r tabel. Reliabilitas angket yaitu 0,949 dan termasuk kategori
sangat tinggi. Jadi, angket efikasi diri untuk penelitian adalah 26 soal,
angket kontrol diri 24 soal, dan angket kemandirian belajar sebanyak 23
soal. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment regresi
ganda. Berdasarkan hasil analisis data dikemukakan bahwa: 1) Ada
hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas
VIII SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil
hitung korelasi rxy sebesar 0,450 yang kemudian dibandingkan dengan nilai
r tabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 90 diperoleh harga r tabel 0,173
yang berarti nilai r hitung (0,450) lebih besar dari r tabel (0,173). 2) Ada
hubungan antara kontrol diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas
VIII SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil
perhitungan korelasi antara kontrol diri dengan kemandirian belajar
diperoleh angka korelasi rxy sebesar 0,221 yang kemudian dibandingkan
dengan nilai r tabel (0,173) dimana r hitung lebih besar dari r tabel (0,221 >
0,173). 3) Ada hubungan antara efikasi diri dan control diri dengan
kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kokap Tahun Pelajaran
2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga F hitung
sebesar 5,029 dan F tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2: 27)
sebesar 1,66. Dengan demikian F hitung lebih besar dari F tabel (5,029 >
1,66). Bagi guru pembimbing, hendaknya memberikan bimbingan tentang
efikasi diri, kontrol diri, dan kemandirian belajar kepada siswa. Bagi siswa,
hendaknya dapat meningkatkan efikasi diri, kontrol diri dan kemandirian
belajarnya.
Downloads
References
Feist, J., & Feist, G. J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Hofmann, S. G., Asnaani, A., Vonk, I. J. J., Sawyer, A. T., & Fang, A. 2012. The efficacy
of CBT: a review of meta-analyses. Cognitive Therapy Research, 36(5), 427–
doi: 10.1007/s10608-012-9476-1.
King, L. A. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Lukmayanti, A. 2015. Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas X
Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 6 Yogyakarta. S1 Thesis. UNY.
Mudjiman, H. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Ruswadi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed
Methods). Bandung: PT. Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Admin OJS IPW; Anita Dewi Astuti, M.Pd, Drs. Wagiman, M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.